Larangan Charge 3% untuk Transaksi Gesek dengan Kartu, Apakah Peraturan Baru?


Larangan Charge 3% untuk Transaksi Gesek dengan Kartu, Apakah Peraturan Baru? Rating : 0/5 (0)

Selain aturan larangan gesek dua kali di mesin kasir, kini BI juga melarang charge 3% untuk transaksi yang menggunakan kartu gesek di mesin EDC. Pertanyaannya, apakah aturan BI mengenai pelarangan charge 3% ini baru-baru ini muncul?

Nyatanya tidak, karena BI sudah sempat melarang adanya charge 3% untuk transaksi gesek dengan kartu kredit, kartu debit, atau kartu lainnya (transaksi nontunai). Melalui Peraturan Bank Indonesia No. 11/11/PBI/2009, Bank Indonesia menyatakan dengan tegas kepada penerbit kartu kredit untuk menghentikan kerjasama dengan toko yang merugikan pemegang kartu maupun penerbit kartu kredit. Adapun kegiatan yang merugikan yang dimaksud dalam peraturan tersebut antara lain kejahatan scamming, gestun (gesek tunai), dan tambahan biaya (surcharge).

Mengapa charge 3% (atau juga surcharge) bisa timbul?

Surcharge atau charge 3% muncul atas inisiatif merchant atau toko. Sebetulnya penerbit kartu kredit tidak menerapkan charge semacam ini kepada pemegang kartu kerditnya. Terutama bila anda membeli produk elektronik dengan kartu kredit atau debit, hampir dapat dipastikan pemilik toko akan menyatakan ada biaya charge 2,5 hingga 3% untuk layanan.

Ketika bank menjalin kerjasama dengan merchant atau toko, masing-masing terikat kerjasama saling menguntungkan sebetulnya. Merchant akan diuntungkan dengan kemudahan pelanggan dalam membayar transaksinya, apalagi transaksi elektronik yang biasanya bernilai besar-besar. Akan sangat merepotkan dan berisiko tidak aman bagi pelanggan bila harus membawa uang tunai dalam jumlah besar demi membeli barang elektronik.

Maka adanya fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit dari bank sangatlah membantu pihak merchant. Perbankan pun mengharapkan adanya keuntungan dari fasilitas yang mereka pinjamkan ke pihak merchant. Maka dari itu, untuk setiap mesin EDC yang dipinjamkan ke merchant dan digunakan untuk transaksi, pihak merchant akan dikenakan biaya layanan oleh perbankan. Berapa besarnya? Itu tergantung masing-masing bank dan tidak akan jauh berbeda antara bank satu dan lainnya karena persaingan ketat.

Untuk memahami lebih jelas mengenai surcharge kartu kredit, anda bisa membaca di artikel pilihkartu Biaya Surcharge Kartu Kredit, Biaya Apa Lagi Sih? . Pelajari juga tips belanja aman tanpa terkena surcharge Tips Belanja Nyaman Tanpa Terkena Surcharge Kartu Kredit.

 

Meski sudah ada peraturan, tapi pada prakteknya masih ditemui adanya biaya charge 3% untuk transaksi menggunakan kartu kredit atau debit. Ini terutama pada transaksi yang ada di toko elektronik. Masih banyak merchant nakal yang membebankan biaya layanan mesin EDC dari perbankan, yang seharusnya ditanggung merchant, tapi malah dialihkan ke pelanggan. Di sini, pemegang kartu yang dirugikan.

Bagaimana kata bank mengenai charge 3% ini?

Beberapa perbankan nasional turut memberikan pernyataan mengenai charge yang sudah dilarang tapi pada prakteknya masih ada. Bank BCA misalnya, pihaknya mengaku tidak memungut biaya apapun dalam setiap transaksi kartu kredit nasabah dengan merchant, bahkan jika kartu kredit atau debit BCA digesek di mesin EDC bank lain, tidak ada biaya apapun. Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada pemegang kartu BCA untuk dengan tegas menolak jika ada biaya charge 3%.

Jika merchant masih ‘ngeyel’ maka Bank BCA meminta pemegang kartu untuk tidak segan melapor ke Bank BCA. Selanjutnya Bank BCA yang akan menindak lanjuti merchant dengan pemberian sanksi.

Batas Minimal Transaksi Kartu Kredit

Terkadang bila bertransaksi menggunakan kartu, kasir mengatakan bahwa ada nominal minimal agar transaksi bisa dibayar menggunakan kartu. Rata-rata nominal minimal transaksinya adalah 50ribu, lalu bagaimana dengan transaksi di bawah itu? Tentu tidak bisa menggunakan kartu.

Padahal, kebijakan tersebut malah berlawanan dengan program cashless society yang dicanangkan pemerintah. Maka dari itu, Bank BCA tidak membatasi nilai transaksi yang menggunakan kartu kredit atau debit.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Larangan Charge 3% untuk Transaksi Gesek dengan Kartu, Apakah Peraturan Baru?

Artikel Terkait