MasterCard Meluncurkan Kartu Kredit dengan Fingerprint Scanner


MasterCard Meluncurkan Kartu Kredit dengan Fingerprint Scanner Rating : 5/5 (1)

MasterCard memang ahlinya dalam inovasi dan teknologi. Baru-baru ini, mereka meluncurkan kartu kredit yang dilengkapi dengan teknologi Biometric Fingerprint Scanner tertanam didalamnya. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan otorisasi pembayaran hanya dengan sidik jari mereka, tanpa perlu menggunakan kode PIN atau tanda tangan.

Meski begitu, kartu kredit ini masih tetap mendukung penggunaan PIN, sehingga bila ada kemungkinan kegagalan transaksi menggunakan sidik jari, masih ada PIN kartu kredit. Atau bila kebetulan anak atau istri ingin menggunakan kartu kredit anda, maka masih ada PIN kartu kredit.

Lalu apakah merchant perlu memperbarui mesin mereka?

Mesin yang ada sekarang, yakni mesin EDC yang tersebar di ribuan merchant bisa digunakan untuk membaca kartu kredit dengan sidik jari. Merchant tidak perlu memperbarui perangkat yang sudah ada karena sensor pada kartu kredit membaca sidik jari anda.

Baca juga: Mengenal APMK, Alat Pembayaran Menggunakan Kartu

Untuk mesin EDC yang mendukung teknologi ini adalah mesin EDC yang bisa membaca kartu kredit dengan chip. Adapun mesin EDC lama yang hanya bisa membaca pita magnetik tidak akan bisa digunakan untuk kartu kredit dengan fingerprint scanner ini.

Bank Harus Memiliki Teknologinya

Di atas disebutkan bahwa merchant tidak perlu memperbarui mesin EDC mereka (terutama bila sudah kompatibel untuk membaca chip). Meski begitu, di sini bank lah yang harus memiliki teknologinya bila ingin mengadopsi kartu kredit dengan teknologi sidik jari.

Seseorang harus datang ke bank untuk perekaman sidik jari. Sidik jari kemudian akan diubah ke dalam template digital yang telah dienkripsi, untuk kemudian disimpan ke dalam chip kartu kredit. Sidik jari yang bisa disimpan adalah dua sidik jari, dan semuanya harus milik si pemohon kartu, tidak boleh orang lain, meskipun itu anggota keluarga.

Cara Penggunaan kartu kredit fingerprint scanner

Untuk menggunakan kartu kredit dengan fingerprint scanner, pemegang kartu cukup memasukkan kartu kredit tersebut ke mesin EDC, dengan tak lupa menempatkan jari ke sensor yang telah tertanam di badan kartu kredit. Sidik jari anda akan dengan otomatis diverifikasi dengan data yang telah tersimpan di kartu kredit untuk menyetujui transaksi anda.

Bagaimana dengan penggunaan kartu kredit secara online?

Tentu ini menjadi pertanyaan besar bila kartu kredit dengan fingerprint scanner ini akan digunakan untuk pembelanjaan online. Pasalnya, di belanja online tidak ada proses pembacaan kartu kredit oleh mesin EDC.

Ketika belanja online, seseorang membutuhkan nomor kartu kredit, kode CVV, serta tak lupa kode OTP (One Time Password) yang merupakan teknologi otorisasi dengan password yang hanya sekali pakai, dan dikirimkan ke nomor handphone pemilik kartu.

Baca juga: Asuransi GRATIS dari AXA Life Indonesia untuk Pemegang Kartu Kredit

Bila keunggulan utama kartu kredit dengan fingerprint scanner ini hanya fitur pembacaan sidik jari, maka hendaknya MasterCard tak lupa memasukkan fitur-fitur keamanan kartu kredit lainnya yang telah mereka ciptakan sebelumnya supaya kartu baru ini lebih maksimal.

Lihat video MasterCard Fingerprint Card

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk MasterCard Meluncurkan Kartu Kredit dengan Fingerprint Scanner

Kartolo 26 April 2017

(5)
mantap nih mastercard sudah bisa pakai fingerprint, smoga tidak ada pencurian kartu kredit lagi. Tapi yang ingin saya tanyakan apakah gesek dengan tanpa pin dan tanpa fingerprint bisa dilakukan saat transaksi di Indonesia?

admin 26 April 2017

(0)

Semisal ada orang luar negeri yang punya kartu kredit fingerprint ini, mau belanja di Indonesia bisa karena mesin yg bisa baca chip sudah bisa membaca. Yang belum bisa, orang Indonesia yang ingin punya kartu kredit MasterCard fingerprint ini karena sepertinya belum ada bank di Indonesia yang meluncurkan produk cc dengan teknologi ini.

Artikel Terkait