Melindungi Kartu Kredit Anda dari Bahaya Pencurian

Menggunakan kartu kredit harus ekstra hati-hati biarpun keamanan dalam kartu kredit telah berlapis. Beberapa bagian penting dalam kartu kredit Anda seperti, nomor kartu kredit yang tertera di bagian depan dalam wujud fisik kartu kredit, 3 digit nomor di belakang kartu kredit, serta PIN kartu kredit, adalah informasi rahasia kartu kredit yang tidak boleh Anda beritahukan kepada orang lain.

Data-data tersebut bisa tercuri melalui berbagai macam cara seperti skimming, phishing, atau dengan peretasan melalui jaringan internet. Oleh karenanya, menggunakan kartu kredit di tempat-tempat yang tidak terjamin keamanannya sangat tidak dianjurkan.

Menggunakan kartu kredit untuk belanja di situs belanja online yang terlihat tidak kredibel, merupakan penggunaan yang tidak dianjurkan. Ketika Anda berbelanja secara online, ada banyak situs yang ternyata kurang terjamin keamanannya. Oleh karenanya, ketika berbelanja secara online, pastikan dulu keabsahan situs di mana Anda belanja online tersebut.

 

Baca juga: Pilih Kartu Kredit atau Uang Tunai?

 

Belanja online berkaitan dengan pemberian data-data kartu kredit seperti nomor kartu kredit, nama, alamat, dsb. Data-data dan nomor tersebut sangat penting. Jika data-data ini sampai diketahui pencuri, bukan tidak mungkin pencuri akan menggunakan data-data tersebut untuk membuat kartu kredit palsu kemudian menggunakannya untuk kepentingan jahat.

ATM yang terlihat kurang kredibel/tidak dapat dipercaya keamanannya, sebaiknya dihindari. ATM yang terletak di tempat-tempat sepi tanpa ada penjagaan lebih rawan. ATM tersebut bisa saja telah dipasangi skimmer, sehingga ketika Anda memasukkan kartu kredit Anda di sana, data-data Anda ikut tercuri tanpa disadari.

Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda tidak tahu mana merchant-merchant mana yang dapat dipercaya keabsahannya, karenanya pertimbangkan untuk menggunakan uang tunai di tempat-tempat semacam itu.

 

Baca juga: Buat PIN Yuk, Agar Transaksi Lebih Aman

 

Pada banyak kasus, pihak bank penyedia kartu kredit Anda sering lebih dulu mengetahui jika ada transaksi yang terlihat mencurigakan di kartu kredit Anda, sehingga kemudian dapat langsung memblokirnya. Selain rutin mengecek billing statement setiap bulan, akan lebih baik jika Anda memasang fitur SMS banking kartu kredit untuk menerima notifikasi jika ada transaksi kartu kredit. Pastikan nomor handphone yang Anda daftarkan, sama dengan nomor handphone ketika mengajukan aplikasi kartu kredit.

Memiliki kartu kredit bukan hal menakutkan, malah sebetulnya banyak menguntungkan, jika Anda mengetahui tips-tips aman dalam berkartu kredit.


Komentar untuk Melindungi Kartu Kredit Anda dari Bahaya Pencurian

Related Article
Mudik adalah tradisi wajib setiap lebaran tiba. Ju...
Menjelang akhir tahun, kita akan dengan mudah mene...