Menabung Uang Recehan Punya Manfaat Tak Terduga Lho


Menabung Uang Recehan Punya Manfaat Tak Terduga Lho Rating : 0/5 (0)

Sebagian besar masyarakat Indonesia, masih gemar menggunakan transaksi tunai dengan uang kertas dan uang logam. Meski sering diberitakan transaksi non tunai meningkat, tapi tetap saja jumlah itu masih jauh bila dibandingkan keseluruhan penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa. Transaksi non tunai masyarakat Indonesia belum ada 10% dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

Ini artinya, dalam kehidupan sehari-hari kita, masih membutuhkan uang tunai, baik itu kertas ataupun uang logam. Transaksi kecil-kecil seperti bayar parkir, atau kembalian belanja di warung, kadang-kadang kita dapati ada uang logam di sana. Lama kelamaan, uang logam tersebut akan semakin banyak memenuhi dompet dan membuatnya terlihat tebal.

Menabung Uang Receh Bisa Jadi Trik Jitu Mengumpulkan Uang

Kalau sudah begitu, lebih baik uang receh (uang logam) tersebut ditabung saja. Dengan sedikit ketekunan dan konsisten, uang receh yang kamu kumpulkan akan menjadi banyak dan kamu mungkin akan terkejut dengan jumlahnya suatu saat nanti. Tipsnya, adalah langsung mengeluarkan uang receh yang ada di dompet begitu pulang ke rumah, kemudian masukkan uang receh tersebut ke toples kaca atau botol kaca.

Kamu mungkin akan penasaran untuk menghitungnya beberapa kali, tapi tinggalkan saja, biarkan ia terus bertambah tanpa kamu tahu berapa jumlah pastinya. Kalau tidak mau repot, kamu bisa siapkan toples kaca sesuai dengan masing-masing nominal. Misal, toples kaca untuk uang logam 1000, uang logam 500, uang logam 200, dan uang logam 100. Kelak, kebiasaan ini akan memudahkanmu dalam urusan penghitungan.

Toples Kaca-mu sudah penuh? Saatnya Menghitung!

Nah, tibalah akhirnya kamu menyadari kalau toples kaca berisi uang receh tersebut sudah penuh. Artinya tidak akan ada tempat lagi uang receh yang akan datang. Kalau begitu, ini saatnya kamu mengeluarkan semua receh tersebut, dan menghitungnya.

Tumpuk uang logam per 10 keping, dan rekatkan dengan plester, begitu seterusnya hingga semua sudah terekatkan dengan baik. Misal uang 500 x 10 keping, akan kamu dapati tumpukan senilai 5000 rupiah, uang logam 200 an x 10 keping akan kamu dapai tumpukan senilai 2000 rupiah, kumpulkan dengan rapi dan hitung semuanya, kamu mungkin terkejut dengan jumlahnya, ternyata bisa juga uang receh terkumpul ratusan ribu loh.

Toples kaca yang sudah kosong bisa kamu isi lagi dengan uang logam selanjutnya.

Lalu, uang receh yang sudah rapi dan sudah terekatkan mau diapakan?

Nah, kamu bisa menukarkan uang receh tersebut menjadi uang kertas dengan datang ke bank, tapi kalau bank tidak mau menerima penukaran uang receh yang terlalu banyak, jangan khawatir karena masih ada cara lain. Cara lain tersebut adalah dengan menukarkan uang receh tersebut ke minimarket atau warung. Minimarket seperti Indomaret malah terkadang menerima loh, karena mereka butuh untuk keperluan kembalian ke pembeli.

Nah, kalau uang receh kamu sudah jadi uang kertas, dan kamu belum hendak menggunakannya, tabung lagi saja di celengan. Kalau sudah banyak, kamu bisa masukkan ke rekening kamu di bank. Nah, cara yang lumayan bagus bukan? Kamu bisa belajar konsisten untuk menabung juga.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Menabung Uang Recehan Punya Manfaat Tak Terduga Lho

Artikel Terkait