Mengapa Sebaiknya Tidak Boleh Memiliki Banyak Kartu Kredit


Mengapa Sebaiknya Tidak Boleh Memiliki Banyak Kartu Kredit Rating : 0/5 (0)

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sifatnya seperti pisau, ada sisi tajam dan ada sisi tumpul. Maksudnya, kartu kredit bisa bermanfaat, tapi bisa juga membunuh layaknya sisi tajam pada mata pisau. Mengapa?

Tentu saja karena kartu kredit bisa membunuh bila digunakan terlalu berlebihan. Bila ia digunakan sewajarnya ia akan memberi manfaat, tapi bila berlebihan kita bisa pusing dibuatnya. Kemudahan dalam menggunakan kartu kredit jadi biangnya.

Semakin mudah seseorang bertransaksi, semakin besar kecenderungan mereka untuk berbelanja. Semakin banyak berbelanja artinya semakin banyak spending (pengeluaran) dan semakin sedikit saving (tabungan). Padahal, kartu kredit sumber dananya berasal dari pinjaman.

Artinya uang yang dipakai untuk belanja bukan uang tabungan kita, tapi uang pinjaman dari bank. Maka, orang yang tak punya uang sekarang bisa berbelanja apapun, dengan konsekuensi/kewajiban untuk mengembalikan uang pinjaman tersebut kepada bank pada waktu yang telah ditentukan.

Besarnya Potensi dari Masyarakat Indonesia

Saat ini, pemilik rekening perbankan di Indonesia ada sekitar 190 juta rekening. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17,4 juta nya memiliki kartu kredit, atau sekitar 9% dari keseluruhan jumlah pemilik rekening. Dari data ini, bisa dibayangkan bahwa potensi untuk mengembangkan bisnis kartu kredit di Indonesia masih sangat besar.

Baca juga: Bank Bukopin Luncurkan Kartu Kredit Bukopin Infinite

Tak heran bila perbankan berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah pemilik kartu kredit, mengingat potensinya yang begitu besar. Akan tetapi, terkadang pihak perbankan juga terlalu bersemangat sehingga mereka memberikan promosi besar-besaran agar semakin banyak orang tertarik untuk memiliki kartu kredit.

BI Himbau agar Masyarakat Tak Banyak Miliki Kartu Kredit

BI sendiri nampaknya kurang senada dengan tindakan yang dilakukan perbankan dalam hal menarik banyak orang untuk memiliki kartu kredit. BI justru menghimbau agar masyarakat tak tergiur untuk memiliki banyak kartu kredit lantaran ia bisa memicu seseorang menjadi konsumtif dan akhirnya terjerat hutang.

Baca juga: Bank Mayapada Siap Terbitkan Kartu Kredit di Tahun 2017

Banyaknya masyarakat yang terjerat hutang kartu kredit juga sebetulnya berakibat tidak baik bagi kinerja perbankan itu sendiri. Pasalnya, semakin banyak masyarakat yang terjerat hutang kartu kredit, maka NPL (Non Performing Loan) suatu bank tidak begitu baik pula.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Mengapa Sebaiknya Tidak Boleh Memiliki Banyak Kartu Kredit

Artikel Terkait