Menggunakan Kartu Kredit Pertama Kali

Anda pemula? Bingung menggunakan kartu kredit untuk pertama kali? Supaya anda tidak terjebak dalam penggunaan yang salah, baca tips-tips berikut ini.

1. Memahami hakikat kartu kredit

Sebelum anda menggunakan kartu kredit, bahkan sebetulnya sebelum anda memutuskan untuk membuat kartu kredit, minimal anda telah memahami hakikat kartu kredit, yakni kartu kredit adalah kartu hutang.

Dari namanya sudah jelas bukan, kartu kredit (kredit=hutang, kartu kredit=kartu hutang). Meskipun kartu hutang, tapi tetap saja prestise kartu kredit lebih tinggi bila dibandingkan jenis kartu plastik lainnya, seperti kartu debit atau kartu ATM. Ya, bagaimana tidak, untuk memperoleh kartu kredit tidak bisa sembarang orang. Hanya orang-orang terpilih saja yang bisa memilikinya.

Kembali lagi ke hakikat kartu kredit, bila anda telah paham akan hakikat kartu kredit sebagai kartu hutang, tentunya anda paham bahwa penggunaan tidak bisa seenaknya. Namanya hutang, yang tentunya akan ada kewajiban bagi anda untuk melunasi hutang di akhir bulan, maka anda harus punya rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kewajiban anda tersebut.

2. Salah pilih kartu kredit=apes

Ini dia mengapa anda dianjurkan untuk membaca bagaimana memilih kartu kredit yang tepat sebelum memutuskan untuk membuat kartu kredit. Pasalnya, kartu kredit yang ada di Indonesia memiliki beragam jenis, yang masing-masing dibekali dengan fitur dan benefit berbeda-beda, serta menyasar segmen pasar yang berbeda-beda pula.

Semisal anda adalah seorang ibu rumah tangga dengan kegiatan sehari-hari lebih banyak di rumah, tentu kartu kredit Airmiles kurang bermanfaat untuk anda. Kartu kredit AirMiles baru akan bermanfaat untuk mereka yang hobi traveller. Atau bila anda seorang pebisnis yang lebih sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan kantor, maka kartu kredit corporate akan lebih bermanfaat untuk anda.

Mencari satu per satu kartu kredit yang sesuai tentu akan memakan banyak waktu. Untungnya, sekarang untuk urusan mencari kartu kredit yang tepat dan sesuai untuk anda tidak perlu repot lagi memeriksa satu per satu, karena sekarang pilihkartu.com akan mempercepat dan mempermudah proses pencarian kartu kredit anda. Coba cari kartu kredit sekarang.

3. Bikin kartu kredit banyak-banyak= buat apa?

Orang zaman dulu, sebelum ada peraturan pembatasan kepemilikan kartu kredit, bisa memiliki kartu kredit hingga 5 keping. Namun, sekarang sudah berbeda, kepemilikan kartu kredit dibatasi hanya 2 keping saja untuk setiap individu. 

Tapi, memang sih untuk apa juga memiliki banyak kartu kredit bila belum jelas kemanfaatannya nanti. Apalagi untuk pemula, sebaiknya tidak usah banyak-banyak. Optimalkan dulu penggunaan kartu kredit pertama, jika sudah baik riwayatnya, bolehlah jika ingin mengajukan kartu kredit lainnya.

Tapi ingat ya, memiliki lebih dari satu kartu kredit, berarti ada kewajiban yang bertambah pula, seperti biaya iuran tahunan, ataupun tagihan dari beberapa kartu kredit yang harus dibayarkan. Di sini pastikan anda telah memikirkan baik-baik mengenai kewajiban itu^^.

4. Menggunakan dengan optimal

Nah, ini yang penting, bagaimana anda memanfaatkan kartu kredit dengan optimal. Ada lho yang sekedar gesek sana gesek sini tanpa strategi. Hmm, padahal sebetulnya kartu kredit kan dibekali dengan fitur dan benefit tertentu yang tujuannya juga untuk memanjakan penggunanya dengan kemudahan dan keuntungan.

Misalnya saja, promo-promo kartu kredit dan program reward. Itu adalah salah satu keuntungan dan benefit yang ditawarkan kartu kredit. Bila anda tak jeli memperhatikan item mana yang sedang ada promo atau supermarket mana yang sedang mengadakan program cashback, tentu akan rugi sekali.

Oleh karenanya, rajin-rajinlah memeriksa berbagai promo kartu kredit. Saat ini informasi promo kartu kredit telah tersebar luas di internet, jadi anda tak perlu susah-susah mencarinya.

5. Kartu kredit anda=rahasia

Dalam keping kartu kredit yang anda miliki, tersimpan rapi semua data-data pribadi anda. Oleh karenanya, bila sampai jatuh ke tangan orang lain, apalagi orang yang salah, maka bisa bahaya. Ada baiknya anda memperlakukan kartu kredit anda seperti benda yang harus dijaga.

6. Kartu kredit=bukan kartu ATM

Nah ini juga sering diingatkan dimana-mana, kartu kredit bukan kartu ATM, keduanya fungsinya berbeda. Kalau kartu ATM adalah kartu yang digunakan untuk tarik tunai uang di mesin ATM, uangnya jelas uang yang sumbernya dari rekening anda sendiri. Jadi, mau tarik tunai berapapun jumlahnya menggunakan kartu ATM tidak masalah asal saldo uang di rekening anda mencukupi.

Baca juga:

Nah, beda dengan kartu kredit, yang memang bisa digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM, tapi bukan itu fungsi utamanya. Ini karena uang yang anda tarik menggunakan kartu kredit di mesin ATM, adalah uang pinjaman dari bank, nantinya anda harus menggantinya. Bila anda melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit tapi tak bisa menggantinya, bisa apes juga kena denda. Belum lagi biaya tarik tunai yang dibebankan pada anda cukup besar untuk sekali melakukan penarikan.

Sobat, yuk mulai sekarang lebih bijak lagi dalam menggunakan kartu kredit ^^.

 

 


Komentar untuk Menggunakan Kartu Kredit Pertama Kali

Related Article