Menggunting Kartu Kredit, Akhir dari Masalah Hutang?


Menggunting Kartu Kredit, Akhir dari Masalah Hutang? Rating : 0/5 (0)
Apakah anda termasuk yang berpikiran bahwa menggunting kartu kredit akan menyelesaikan masalah hutang? Padahal, tidak sesederhana itu. Menggunting kartu kredit tidak akan membuat hutang anda hilang dalam sekejap. Kartu kredit anda mungkin dalam sekejap tidak berfungsi, tapi kewajiban anda di dalamnya tetap akan menghantui.

Menggunting Kartu Kredit, Bukan Prosedur Pertama

Bila anda ingin berhenti dalam menggunakan kartu kredit, boleh saja menggunting kartu kredit yang anda pegang. Tapi, bila anda ingin menutup kartu kredit, maka ada prosedur yang harus dijalankan. Tidak boleh sembarangan supaya anda tidak kesulitan di kemudian hari.

Alasan-Alasan Ingin Menutup Kartu Kredit


Tentunya, ada alasan dibalik keinginan menutup kartu kredit. Di awal ketika membuat kartu kredit, anda pun punya alasan, bukan? Misalnya ingin mengkredit handphone, sudah butuh kartu kredit, dsb. Sekarang, ketika anda ingin menutup kartu kredit maka pasti ada juga alasan yang mendasarinya.

Beberapa alasan seseorang ingin menutup kartu kreditnya seperti tertera di bawah ini. Apakah salah satunya ada yang jadi alasan kamu untuk menutup kartu kreditmu?

1. Sulit Mengontrol

Sulit mengontrol pemakaian bisa menjadi alasan seseorang ingin menutup kartu kreditnya. Memang, bila tak jeli dalam mengontrol pemakaian kartu kredit, bisa jadi konsumtif. Maunya belanja terus ketika melihat limit kartu kredit yang masih penuh.

Padahal kontrol diri penuh kesadaran merupakan satu faktor penting dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan kemampuan diri anda sedang bagus ketika ingin menggunakan kartu kredit. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Baca juga: Kreditan Belum Kelar, Sudah Mau Ambil Kredit Lagi, Bijakkah?

2. Ingin Menabung

Sebetulnya, meski menggunakan kartu kredit, kamu masih bisa menabung. Tapi, kembali lagi ke poin 1, kontrol diri yang bagus. Tapi, memang kebanyakan orang yang rutin menggunakan kartu kredit merasa perlu melakukan perubahan besar dihidupnya, salah satunya adalah dengan menutup kartu kredit.

Sah-sah saja memang. Tidak ada yang akan melarang anda untuk menutup kartu kredit bila anda sudah bulat ingin menabung dan perlu melakukan langkah tersebut. Lalu, bila tekad anda sudah bulat memang langkah nyata harus segera dibuat. Jangan tunda diri anda untuk menutup kartu kredit.

Baca juga: Kartu Kredit untuk Mereka yang Sulit Menabung

3. Hutang Menunggak

Satu alasan lagi yang sangat kuat mendasari keinginan seseorang untuk menutup kartu kredit yaitu hutang menunggak. Hutang yang menunggak ini seringkali sampai sulit diselesaikan oleh si pemegang kartu, hingga akhirnya timbul keinginan untuk menutup kartu kredit.

Ini pun tidak ada salahnya. Hanya saja, sebelum menutup kartu kredit maka melunasi hutang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Sebelum hutangmu selesai, kamu tidak akan bisa menutup kartu kredit. Kalau bisa menutup kartu kredit sebelum hutang lunas, maka bisa-bisa semua orang bikin kartu kredit lalu menunggak lalu tutup kartu kredit dan selesai. Tapi tidak begitu.

Maka dari itu, admin rangkum beberapa prosedur dalam menutup kartu kredit. Prosedur ini bisa meminimalisir permasalahan yang mungkin bisa timbul di kemudian hari.

Baca juga: Tips Bernegosiasi dengan Bank dalam Membayar Tunggakan Kartu Kredit

4. Lunasi Tagihan

Pertama-tama, pastikan melunasi semua tagihan yang ada di kartu kredit. Bank tidak akan mau menutup kartu kredit-mu bila ditemukan masih ada tagihan yang belum terbayar. Tagihan Rp 100 pun tidak akan lepas. Bank akan tetap memintamu membayar. Jadi, lihat baik-baik tagihanmu lalu lunasi semuanya.

Semua yang termasuk dalam tagihan kartu kredit antara lain, bunga, denda, iuran tahunan, biaya meterai, semua harus dibayarkan dengan lunas.

Baca juga: 5 Cara Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

2. Habiskan Reward

Setiap pemakaian kartu kredit akan mendapatkan reward berupa poin. Poin yang dikumpulkan bisa digunakan untuk menghapus iuran tahunan (bila mencukupi jumlahnya), ditukar dengan voucher belanja (tergantung masing-masing promo yang diberikan), atau diubah ke miles (poin untuk mendapatkan gratis tiket pesawat dengan ditukar ke air miles).

Sebelum menutup kartu kredit, pastikan untuk menghabiskan semua poin reward yang sudah dikumpulkan karena mubazir kalau tidak dipakai. Poin reward merupakan hak kamu karena kamu yang mengumpulkan poin tersebut.

Baca juga: Sekilas Tentang Memilih Kartu Kredit Reward

3. Hentikan Semua Auto Debet Payment

Kelebihan kartu kredit adalah bisa dipakai untuk membayar tagihan rutin seperti listrik, air PDAM, internet, telepon dsb dengan metode autodebet. Nah, kalau kamu lupa untuk menghentikan semua autodebet untuk pembayaran tagihan kamu, maka bisa-bisa jadi masalah antara kamu dan penyedia layanan-layanan tadi.

4. Datang Langsung ke Bank

Sebetulnya bisa menelpon ke bank atau kirim email, tapi respon yang kamu dapat mungkin tidak cepat. Kalau datang langsung ke bank dan mengutarakan dengan jelas keinginan untuk menutup kartu kredit, kemungkinan respon yang didapat lebih jelas dan lebih cepat.

Belum lagi kalau ada pertanyaan yang menggantung maka bisa langsung diutarakan ke customer service. Lain kalau dengan email dan telepon yang mungkin malah akan terlupa. Utarakan dengan jelas keinginan kamu untuk menutup kartu kredit. Tanyakan juga apakah masih ada tagihan yang belum terbayarkan.

Kalau terpaksanya tidak bisa di kantor cabang, maka bisa dengan menelpon ke CS bank yang menerbitkan kartu kredit anda. Kalau menelpon CS lebih responsif daripada kirim email yang bisa terbentur masalah email tidak terkirim, alamat email tidak betul, dan lama respon.

5. Last Step, Menggunting Kartu Kredit

Kalau semua permasalahan tagihan kartu kredit sudah beres, kartumu sudah betul-betul ditutup oleh bank (coba periksa dengan masukkan ke ATM apakah masih bisa dipakai atau tidak, kalau masih bisa dipakai jangan diapa-apakan dulu), maka kini kamu boleh menggunting kartu kredit-mu.

Selamat! Kamu sudah berhasil menutup kartu kredit!

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Menggunting Kartu Kredit, Akhir dari Masalah Hutang?

Artikel Terkait