Mitos dan Fakta Seputar Kartu Kredit yang wajib ketahui


Mitos dan Fakta Seputar Kartu Kredit yang wajib ketahui Rating : 0/5 (1)

Kartu kredit hadir sebagai kemudahan dalam bertransaksi sehari-hari, jika digunakan dengan bijak alat pembayaran ini akan mampu membantu dan meringankan beban hidup Anda. Kartu kredit bisa dijadikan alat pembantu dalam mengatur keuangan, namun jika Anda percaya dengan segala mitos tentang kartu kredit, kesalahpahaman tersebut dapat merugikan kondisi finansial penggunanya.

Semakin banyaknya penggunaan kartu kredit ternyata tidak membuat para penggunanya memahami fungsi dan manfaat kartu kredit yang sebenarnya, bahkan tidak sedikit yang keliru. Oleh karena itu, berikut ini beberapa Mitos dan Fakta di balik seputar kartu kredit yang harus dan wajib Anda ketahui :

1. Memotong Kartu Kredit

Memotong-Kartu-Kredit

Mitos :
Tak sedikit yang beranggapan bahwa memotong kartu kredit akan membuat kita terlepas dari beban tagihan.

Fakta :
Namun faktanya bukan berarti Anda akan lepas dari fasilitas kartu tersebut. Sebaiknya, jika Anda ingin menghentikan fasilitas kartu kredit, konsultasikanlah pada pihak bank penerbit kartu. Kemudian, lakukan langkah-langkah penghentian fasilitas kartu kredit sesuai yang diminta Bank. Selanjutnya, sebelum Anda mengajukan permohonan kartu kredit baru, pastikan Anda benar-benar butuh kartu kredit tersebut.

2. Bayar diwaktu lewat jatuh tempo

Bayar-diwaktu-lewat-jatuh-tempo

Mitos :
Membayar tagihan kartu kredit di bawah jatuh tempo atau batas minimum terhitung sudah membayar.

Fakta :
Kenyataannya, jika Anda tidak membayar jumlah minimum yang harus dibayar dalam tagihan kartu kredit, bank akan tetap menganggap Anda belum bayar dan tetap akan memberikan denda kepada Anda. Sebaliknya, Anda seharusnya membayar seluruh jumlah tagihan sebelum atau sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika hanya membayar sebagian, maka Anda akan tetap dikenakan biaya penalti dan denda bunga dari sisa jumlah tagihan. Pembayaran minimum sama saja belum membayar di mata bank penerbit kartu. Pembayaran seluruhnya dan tepat waktu harus sangat diperhatikan agar Anda tidak terlilit utang kartu kredit.

3. Limit Kartu Kredit yang tinggi

Limit-Kartu-Kredit-yang-tinggi

Mitos :
Limit kartu kredit yang tinggi bukanlah hal yang baik. Bisa membuat Anda terlilit hutang Bank.

Fakta :
Bagi pengguna kartu kredit yang cermat, limit yang tinggi sangat menguntungkan. Faktanya, 30% tingkat suku bunga kartu kredit bergantung pada batas maksimum kartu anda, jika Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, limit kartu kredit yang tinggi akan menjadi keuntungan tersendiri. 30% suku bunga kartu kredit bergantung pada limit kartu kredit Anda, semakin tinggi limitnya, semakin rendah suku bunganya. Jika Anda memiliki limit kartu kredit yang tinggi, dan menjaga tagihan Anda tetap rendah, Anda akan mendapatkan keuntungan suku bunga rendah.

4. Jumlah Tagihan

Seimbangkan-Jumlah-Tagihan

Mitos :
Jumlah tagihan kartu kredit Anda harus tetap seimbang agar reputasi kredit baik. Kualitas kredit tidak berhubungan dengan jumlah pemakaian Anda.

Fakta :
Namun, fakta yang ada adalah Anda tidak butuh menyeimbangkan tagihan kartu kredit Anda untuk membuat reputasi kredit yang baik, strategi terbaik untuk menggunakan kartu kredit adalah selalu membayar tagihan tepat waktu setiap bulan. Baik buruknya reputasi kredit seseorang ditentukan dari kemampuan dan ketepatan waktu pengguna membayar tagihan mereka. Sekali terlilit utang kartu kredit maka kualitas kredit anda akan menjadi buruk.

5. Punya lebih banyak Kartu Kredit

Punya lebih banyak kartu kredit

Mitos :
Semakin banyak kartu kredit Anda, Anda akan semakin untung.

Fakta :
Dalam hal ini Anda memang tidak harus membatasi diri untuk menggunakan hanya dengan satu kartu kredit saja. Tetapi Anda juga disarankan harus lebih cermat dalam menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Terutama jika tidak mampu mengontrol perilaku belanja. Kartu kredit yang banyak berarti limit pembelanjaan Anda meningkat karena dengan banyaknya Jumlah kartu kredit yang Anda punya akan meningkatkan pengeluaran dalam biaya tahunan.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Mitos dan Fakta Seputar Kartu Kredit yang wajib ketahui

Karenia Saputri 04 April 2017

(0)
Nice info, Thank You
Artikel Terkait