Mudik Nyaman dengan Kartu Kredit

Mudik, kata yang tidak asing lagi di telinga kita dari tahun ke tahunnya. Mudik telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Di tahun 2015 ini, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memperkirakan jumlah pemudik di seluruh Indonesia mencapai 20 juta orang, yang artinya meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 19 juta orang.

Bagi Anda yang termasuk dalam kategori pemudik, sudahkah Anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk perjalanan Anda nanti? Supaya mudik lebih nyaman, Anda sebaiknya mempersiapkan segala keperluan, baik itu kebutuhan logistik maupun kebutuhan finansial. Tak jarang meskipun kita telah mempersiapkan kebutuhan logistik selengkap mungkin, tetap saja masih belum bisa meliputi seluruh kebutuhan kita.

Nah, selain membawa uang tunai, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan transaksi nontunai melalui kartu kredit. Dengan transaksi menggunakan kartu kredit, Anda bisa mereduksi jumlah uang tunai yang perlu Anda bawa. Membawa uang tunai yang terlalu banyak bisa berisiko pencurian maupun perampokan saat di jalan. Nah, tips di bawah ini bisa Anda terapkan agar kebutuhan finansial Anda saat mudik lebaran lebih efektif dan efisien:

  1. Sortir kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan Anda yang mungkin akan Anda lakukan selama perjalanan. Pisahkan jenis transaksi Anda ke dalam 2 jenis yakni transaksi yang hanya bisa dilakukan tunai dan transaksi yang sebaiknya nontunai (kartu kredit). Dengan begitu transaksi Anda akan terkelola dengan baik.

  1. Bayar BBM pakai kartu kredit

Anda bisa menekan transaksi tunai Anda dengan membeli BBM memakai kartu kredit. Pengeluaran Anda pun juga akan tertata karena transaksi akan langsung tercatat otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencatat secara manual. Beberapa jenis kartu kredit bahkan memberikan fasilitas cashback BBM seperti Danamon Visa Platinum yang memberikan cashback BBM hingga 5%, Citibank Visa Platinum Cashback (cashback BBM 5%), atau Danamon Mastercard Gold (cashback BBM 5%).

  1. Biaya Makan

Pengeluaran transaksi tunai dapat pula Anda tekan dengan menggunakan kartu kredit untuk biaya makan selama di perjalanan. Sebelumya, pastikan tempat makan yang Anda tuju menerima transaksi nontunai seperti kartu kredit. Jangan sampai Anda sudah makan ternyata saat membayar tidak ada fasilitas pembayaran elektronik via kartu kredit, sementara uang tunai Anda terbatas.

3 hal di atas bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan kenyamanan Anda dalam perjalanan. Biar pun pemerintah selalu meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk pemudik, bukan berarti Anda harus menggantungkan semuanya pada fasilitas dan pelayanan tersebut. Kesiapan Anda pribadilah yang menjadi faktor utama agar mudik Anda bisa nyaman, aman, dan tanpa hambatan. Nah, selalu perbarui informasi kartu kredit Anda di pilihkartu.com ya.


Komentar untuk Mudik Nyaman dengan Kartu Kredit

Sarah 24 July 2015

Untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan , menjadi hal yang harus dicoba untuk melengkapi yang sudah ada.Thanks artikelnya.

PilihKartu.com 24 July 2015

Sama2 Sarah :).
Related Article
Internet kini bukan hanya digunakan untuk mencari ...
Jika anda pernah mencoba mengajukan aplikasi kartu...
Di artikel sebelumnya, pilihkartu sempat mengulas ...