Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri, Perlukah Lapor Dulu ke Penerbit Kartu Kredit?


Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri, Perlukah Lapor Dulu ke Penerbit Kartu Kredit? Rating : 0/ 5 ( 0 )
Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk liburan ke luar negeri diketahui meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan aktivitas travelling ke luar negeri turut meningkatkan aktivitas transaksi di luar negeri.

Melancong ke luar negeri dengan membawa uang tunai dalam jumlah besar juga berbahaya. Risiko hilang di jalan, jatuh, atau kemalingan bisa mengintai kapan saja. Maka dari itu, terkadang uang tunai harus diselingi dengan penggunaan kartu debit atau kartu kredit, untuk berjaga-jaga saja.

Tapi, apakah kartu kredit dan kartu debit terbitan Indonesia bisa dipakai di luar negeri?


Jawabannya tergantung masing-masing kartu kredit/debit dan tergantung bank penerbit kartu. Untuk mengetahui apakah kartu kredit/debit kamu bisa dipakai di luar negeri atau tidak, maka sebelum keberangkatan kamu harus menelpon customer service bank penerbit kartu-mu.

Misalnya saja, kartu kredit BNI yang ternyata mengharuskan kamu menelpon ke bank penerbit kartu (Bank BNI) bila ingin dipakai di luar negeri. Admin sendiri pernah mengalami hal ini, ketika di luar negeri ternyata butuh memakai kartu kredit BNI dan tidak bisa dipakai ternyata.

Kali berikutnya, ketika admin berkesempatan ke luar negeri lagi, admin menelpon ke customer service Bank BNI dan memberitahukan perihal kartu kredit BNI admin yang akan dipakai di luar negeri. Customer Service tersebut akan membuatkan laporan dengan informasi tujuan pemakaian kartu kredit dimana, tanggal pemakaian kartu kredit, dsb.

Lapor Supaya Transaksi Tidak diblokir Bank karena Dicurigai

Tujuan dari pelaporan ini adalah supaya Bank BNI tidak curiga bila ada transaksi yang dilakukan di luar negeri dengan kartu kredit BNI anda. Bank BNI pasti punya data anda tinggal dan bekerja dimana, bila diketahui ada transaksi dilakukan di luar negeri dengan kartu kredit BNI atas nama kamu, tentu BNI bisa curiga dan akan memblokir transaksi yang dianggap suspicious.


Ada pula kartu kredit yang bila dipakai di luar negeri tidak perlu lapor, misalnya saja kartu kredit Mega. Salah satu admin menelpon customer service Bank Mega untuk melaporkan bila kartu kreditnya akan dipakai di luar negeri, ternyata CS malah mengatakan bahwa kartu bisa langsung dipakai tanpa perlu lapor ke Bank Mega.

Baca juga: Sering ke Luar Negeri? Ketahui Barang-Barang yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara

Nah, kalau kamu kebetulan akan bepergian ke luar negeri, dan membawa kartu kredit/debit ada baiknya menelpon dulu ke customer service. Ini untuk menghindari kartu tidak bisa dipakai ketika berada di luar negeri karena dicurigai oleh bank. Terutama untuk kamu yang memegang kartu kredit dengan level silver atau gold, dan terbitan bank nasional, jangan lupa untuk lapor dulu ya.

Kartu-kartu dengan level platinum hingga infinite, yang seringkali limitnya puluhan juta hingga milyaran mungkin ada keistimewaaan khusus berupa privilege ketika dibawa ke luar negeri. Biasanya para pebisnis, pengusaha, wanita karir memiliki kartu kredit level atas ini.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri, Perlukah Lapor Dulu ke Penerbit Kartu Kredit?

Artikel Terkait