Pakai Kartu Kreditmu untuk Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)

Kartu kredit, selain digunakan sebagai alat ganti pembayaran tunai, ternyata juga memiliki segudang manfaat lainnya. Namun, tak jarang pemegang kartu kredit tidak sadar akan beragam manfaat tersembunyi dari kartu kredit.

Manfaat kartu kredit

Kartu kredit memiliki manfaat, diantaranya untuk:

1. Sebagai alat ganti pembayaran tunai

Kartu kredit sebagai alat ganti pembayaran tunai, sudah sangat biasa. Bagaimana tidak, karena inilah alasan utama kartu kredit diciptakan. Ketika seseorang tidak membawa uang tunai, maka kartu kredit dapat menjadi solusi pembayaran di sebuah merchant, tentunya dengan syarat-syarat tertentu.

Lambat laun, kartu kredit dinilai lebih praktis dan lebih aman, sehingga timbullah gerakan nasional non tunai yang dicanangkan pemerintah. Tujuan gerakan ini yakni untuk meningkatkan penggunaan kartu kredit (dan kartu debit) sebagai alat pembayaran, sehingga berkuranglah transaksi uang tunai. Ini untuk mengurangi angka kejahatan akibat uang tunai, seperti pencurian, perampokan, pencopetan dsb.

2. Mewujudkan pencatatan keuangan yang lebih rapi

Setiap bulan, pemegang kartu kredit akan diberikan billing statement, yakni catatan transaksi beserta tagihan yang harus dibayarkan oleh si pemegang kartu. Billing statement dapat bermanfaat ganda, salah satunya adalah untuk catatan keuangan bagi si pemegang kartu. Bayangkan jika menggunakan uang tunai, maka seseorang harus mencatat transaksinya satu per satu dari struk yang ada, atau bahkan tidak ada struk/nota sama sekali.

Dengan billing statement, pemegang kartu kredit tak perlu lagi kerepotan mencatat transaksi keuangan satu per satu karena semua sudah tertera dengan jelas di billing statement.

3. Membasmi peredaran uang palsu, menghambat aksi terorisme, dan mengurangi praktik money laundry (pencucian uang)

Kelemahan dari transaksi menggunakan uang kertas adalah rawan praktik uang palsu, seperti yang terjadi ketika transaksi menggunakan uang tunai masih merajai di Indonesia. Berbeda bila transaksi didominasi dengan menggunakan kartu, maka praktik uang palsu akan berkurang.

Praktik terorisme tidak akan mengambil risiko dengan transaksi menggunakan kartu, karena akan mudah dilacak oleh sistem perbankan. Karenanya mereka akan selalu memilih menggunakan uang tunai yang peredarannya sulit terlacak. Oleh karena alasan tersebut, masyarakat cashless society harus segera diwujudkan.

Prakti money laundry/pencucian uang juga melibatkan uang tunai didalamnya. Ini karena umumnya uang yang akan 'dicuci' merupakan uang kotor (uang dari bisnis kotor). Umumnya uang dari bisnis kotor tidak dalam bentuk catatan transfer di bank, melainkan uang tunai. Untuk itu, uang tunai ini digabungkan dengan uang lain dan dimasukkan dalam simpanan yang bersih agar terlihat bersih. Tapi, bila banyak orang menggunakan kartu kredit, maka praktik pencucian uang dapat dikurangi.

4. Kartu kredit untuk syarat pinjaman tanpa jaminan (KTA).

Untuk pinjaman tanpa jaminan atau yang lazim disebut sebagai Kredit Tanpa Agunan (KTA). Salah satu syarat yang harus ada ketika ingin mendaftar pinjaman KTA adalah kartu kredit. Maka dari itu, bila sekiranya anda membutuhkan dana yang lumayan besar, dengan masa pinjaman yang cukup panjang, maka KTA adalah jawaban utamanya.

Kartu Kredit sebagai syarat pinjaman KTA

Hampir semua kartu kredit dapat digunakan untuk syarat pengajuan KTA, hanya saja ada beberapa kondisi yang menentukan satu kartu kredit valid atau tidak untuk digunakan sebagai syarat pinjaman KTA:

1. Masa kepemilikan kartu kredit minimal 1 tahun

KTA adalah pinjaman tanpa agunan/jaminan, artinya seorang pendaftar tidak perlu menyerahkan hartanya sebagai jaminan kepada pihak bank. Namun, karena pinjaman KTA dapat bernilai sangat besar, maka bank harus menyeleksi dengan ketat siapa-siapa saja yang layak untuk diberikan pinjaman KTA. 

Lalu, darimana bank dapat menilai seseorang layak atau tidak untuk diberikan pinjaman?

Untuk urusan ini, bank bisa melihat dari riwayat kreditnya. Bank bisa memeriksa riwayat kredit seseorang dari catatan transaksi kartu kredit seseorang tersebut. Dari catatan transaksi kartu kredit, bank akan menilai seseorang tersebut cukup bertanggung jawab serta kredibel atau tidak untuk diberikan pinjaman dalam jumlah besar tanpa adanya jaminan.

Baca juga: 

2. Kartu kredit dari bank lain

Sebagian besar mensyaratkan kepada calon pendaftar pinjaman KTA untuk menyertakan kartu kredit dari bank lain. Artinya, bila anda memiliki kartu kredit ANZ maka anda harus mendaftar KTA di bank selain Bank ANZ. Di Indonesia, hampir semua bank menawarkan produk KTA, diantaranya adalah:

  1. KTA DBS
  2. KTA Danamon
  3. KTA HSBC
  4. KTA Bank Mandiri
  5. KTA BNI
  6. KTA BCA
  7. KTA Bank Permata
  8. KTA Bank Panin
  9. KTA Standard Chartered
  10. KTA Citibank
  11. KTA Maybank
  12. KTA ANZ
  13. KTA Bank BNP
  14. KTA CIMB Niaga
  15. KTA Bank Bukopin
  16. KTA OCBC  NISP

Kira-kira seperti itulah kegunaan kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA. Bila anda tertarik untuk mengajukan KTA, jangan lupa untuk memenuhi persyarat pengajuan KTA. Selamat mencoba!^^ 


Komentar untuk Pakai Kartu Kreditmu untuk Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)

Related Article
Mumpung masih minggu-minggu awal gajian, merencana...
Kita tentu mengenal berbagai macam jenis kartu kre...