Pembayaran Tagihan Kartu Kredit di Indonesia dan di Luar Negeri

Saat ini kartu kredit adalah alat pembayaran yang sedang booming dan semakin menjadi trend di kalangan masyarakat. Hampir semua orang berpendapat alasan mengapa mereka menyukai kartu kredit adalah karena kepraktisannya dan cicilan pembayarannya.

Begitu pun teman saya, dia ini sudah tinggal cukup lama di Indonesia dan hampir 3 bulan memegang kartu kredit dari salah satu bank ternama di Indonesia. Meskipun dia bukanlah pemain baru dalam memakai kartu kredit, di negara orang lain dengan bank yang berbeda bukanlah hal yang mudah.

Beberapa hal yang pastinya harus diingat adalah ketentuan yang pastinya sangat berbeda dari kartu kredit dari bank negara tersebut dan juga cara pembayarannya. Hal tersebut adalah wajib untuk diingat.

Pengalaman teman saya, dia adalah warga negara asing yang telah menetap di Indonesia hampir 2 tahun. Awalnya dia mendaftar permohonan kartu kredit dengan maksud hanya ingin coba-coba saja namun akhirnya dia bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa ada urusan yang ribet-ribet, seperti surat-surat pribadi, dan sebagainya.

Meskipun dia sudah mendapatkan kartu kredit di Indonesia, dia tidak lantas langsung menggunakan kartu tersebut. Selang beberapa bulan kemudian, sekitar 2 bulanan dia baru menggunakan kartu tersebut. Tanpa memikirkan apapun dia tetap menggunakan kartu tersebut seperti biasa tanpa ada hal yang harusnya di ingat bahwa cara pembayaran kartu kredit di Indonesia sangatlah berbeda dari negaranya yaitu Jepang.

Selang satu bulan pemakaian tagihan tercetak pun dikirim, dia sangatlah terkejut karena, tagihan yang telah dia gunakan dengan kartu kredit itu belum terbayarkan. Dia menganggap bahwa tagihan yang telah digunakan secara otomatis akan terpotong dari uang yang ada ditabungannya yang ia tabungkan di bank yang sama dengan kartu kredit yang ia miliki.

Nyatanya hal itu tidaklah sama, dia sangat terkejut bahwa cara pembayaran kartu kredit di Indonesia harus dibayarkan secara tunai atau pun transfer. Hal ini sangatlah berbeda karena di negaranya apabila telah memakai tagihan, maka secara otomatis tagihan tersebut akan di potong dari tabungannya.

Tentunya hal itu berlaku juga di Indonesia namun harus dikonfirmasikan oleh pengguna langsung ke pihak bank. Cukup ribet katanya, namun ini lah peraturan yang ditentukan oleh bank-bank yang ada di Indonesia.

Sebaiknya, apabila kita ingin mendaftar serta menggunakan kartu kredit dari negara lain kita tentunya harus benar-benar memperhatikan peraturannya. Jangan gegabah langsung menggunakannya tanpa tahu kelanjutan.

OK, sekian dari saya semoga dapat bermanfaat.Terima kasih.


Komentar untuk Pembayaran Tagihan Kartu Kredit di Indonesia dan di Luar Negeri

Related Article
Ketika ke luar negeri, pernahkah terpikirkan untuk...
Mungkin anda merasa bahwa mengaktifkan kartu kredi...
Kartu kredit adalah fenomena industri keuangan mod...