Pentingnya Cermat Terhadap Dana Instan Tanpa Jaminan


Pentingnya Cermat Terhadap Dana Instan Tanpa Jaminan Rating : 0/5 (0)
Dana instan terutama yang tanpa jaminan semakin banyak dicari di tahun-tahun belakangan. Memang, semakin berkembangnya teknologi informasi, semakin banyak jenis pinjaman yang bermunculan. Di era ini pula dikenal jenis pinjaman baru, yakni pinjaman online.

Pinjaman online merupakan jenis pinjaman yang diberikan secara online. Maksudnya adalah, pengajuan dan persetujuan semuanya dilakukan secara online, sehingga tidak diperlukan mekanisme tatap muka antara peminjam dan pemberi pinjaman.


Pinjaman online ada lebih banyak lagi tipenya, misalnya saja: KTA Online, Dana Instan, KTA biasa, dan masih banyak lagi jenisnya. Semua tergantung masing-masing pemberi pinjaman, mau berinovasi seperti apa di produknya. Kondisi ini membuat pilihan akan pinjaman online semakin beragam. Masyarakat pun diminta jeli dan cermat sebelum mengambil pinjaman online.

Beberapa aspek yang perlu dicermati sebelum mengambil pinjaman online:

1. Bunga

Pinjaman online seringkali tanpa jaminan, meski ada juga yang pakai jaminan terutama untuk nominal pinjaman hingga ratusan juta. Untuk nominal pinjaman yang kecil-kecil mulai 600 ribu hingga 2 juta, biasanya tidak memerlukan jaminan.

Pemrosesan bahkan bisa beberapa menit saja, asalkan mengisi form pendaftaran dengan lancar. Kelemahannya, pinjaman online seringkali mematok bunga yang relatif tinggi. Rata-rata bahkan bisa 1% hingga 2% per hari, per hari lho ini bukan per bulan. Tentu ini bisa jadi boomerang bagi si peminjam manakala pinjam 1 juta dengan tempo pinjaman 30 hari dan bunga per hari.

Baca juga: Tips Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga

2. Pemberi pinjaman

Siapa pemberi pinjaman juga harus diperhatikan. Bayangkan saja dari ratusan aplikasi fintech penyedia pinjaman online yang ada di Playstore, belum semua terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Tentu ini riskan sekali karena cenderung lemah perlindungan kepada pelanggan.

Kalau meminjam di fintech yang belum terdaftar di OJK, lalu di kemudian hari ada masalah, maka OJK tidak akan bisa turun tangan membantu.

Maka dari itu, pastikan website atau aplikasi kamu mengajukan kredit/cicilan adalah yang terpercaya. Ada PT yang jelas, badan hukum jelas, serta terdaftar di OJK.

Baca juga: Fintech Semakin Menjamur, Bukti Industri 4.0 yang Menggeliat?

3. Besar Pinjaman
Pinjaman online ada bermacam-macam, kalau yang berjenis dana instan biasanya nominal tidak terlalu besar, harus dilunasi dalam jangka waktu 30 hari, dan bunga per hari. Pinjaman online tanpa jaminan atau dengan jaminan biasanya nominal yang diberikan hingga ratusan juta, ada yang mensyaratkan jaminan, ada yang tidak. Lalu tenor minimal biasanya 6 bulan, 12 bulan, hingga 60 bulan serta bunga yang dibebankan mulai 1% per bulan.

Sebelum mengajukan pinjaman online atau dana instan, ada baiknya memeriksa dengan detil syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Jangan sampai karena kebutuhan mendesak lalu asal mendaftar tanpa melihat syarat ketentuan bisa bahaya.

Selain itu, data pribadimu merupakan data penting. Jadi, jangan asal memasukkan data-data dirimu seperti KTP, slip gaji, data orangtua, tempat tanggal lahir, dsb.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Pentingnya Cermat Terhadap Dana Instan Tanpa Jaminan

Artikel Terkait