Pentingnya Nama Ibu Kandung di Dunia Perbankan


Pentingnya Nama Ibu Kandung di Dunia Perbankan Rating : 0/5 (0)

Tahukah anda, nama ibu kandung merupakan bagian dari proses validasi di perbankan? Artinya, nama ibu kandung bisa dipakai untuk membobol rekening perbankan anda. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai pengaruh nama ibu kandung di dalam perbankan, yuk dipahami baik-baik ulasan di bawah ini.

Akhir-akhir ini, publik merasa terbebani dengan kebijakan Menkominfo yang mewajibkan pengguna simcard telepon seluler untuk registrasi kartu SIM nya melalui SMS dengan menyertakan NIK dan Nomor KK. Sebelumnya, beredar informasi untuk menyertakan nama ibu kandung pula dalam proses pendaftaran tersebut.

Publik yang paham, akan cepat tanggap bahwa menyebutkan nama ibu kandung sudah sangat patut dipertanyakan. Pasalnya, nama ibu kandung masih digunakan sebagai rentetan pertanyaan validasi yang digunakan oleh perbankan, dan akan ditanyakan manakala kartu kredit, kartu debit atau rekening anda bermasalah.

Menurut penelusuran tirto.id, penggunaan nama ibu kandung sebagai pertanyaan validasi sudah ada sejak tahun 1882. Amerika, Isle of Man, Uganda, Malaysia, Pakistan dan Indonesia adalah negara-negara yang menggunakan nama ibu kandung sebagai validasi. Mengapa nama ibu kandung?

Karena asumsinya adalah, seorang anak tidak pasti tahu nama siapa ayahnya tapi tidak mungkin tidak tahu nama ibunya. Bahkan perbankan secara spesifik menanyakan nama ibu kandung saat masih gadis karena asumsinya hanya keluarga terdekat yang tahu nama ibu kandung saat masih gadis. Ketika menikah, seorang wanita bisa jadi menambahkan nama suaminya di belakang namanya.

Tapi, di Indonesia budaya menambahkan nama suami di belakang namanya tidak terlalu kental, artinya ia masih menggunakan nama yang sama ketika ia belum menikah. Nah, jadi? Sebetulnya masihkah ‘nama ibu kandung saat masih gadis’ masih relevan untuk dijadikan pertanyaan validasi super oleh perbankan?

Masih dari penelusuran tirto.id, dewasa ini ketika sosial media sudah sangat lumrah digunakan oleh seluruh orang di dunia, maka nama ibu kandung dinilai sudah tidak relevan lagi untuk dijadikan superpassword. Mengapa?

Bagaimana tidak? Seseorang sekarang mungkin saja terhubung dengan akun ibu kandung mereka di laman media sosial facebook. Untuk mencantumkan nama ibu di kolom pada laman pribadi di facebook, twitter maupun laman media sosial lainnya, rasanya tidak mungkin karena admin sendiri tidak menemukan kolom pertanyaan tersebut di media sosial. Kolom pertanyaan nama ibu kandung hanya ada di formulir-formulir perbankan.

Meski begitu, perbankan saat ini tak hanya menggunakan nama ibu kandung sebagai satu-satunya sumber validasi. Ada beberapa pertanyaan lain yang ditanyakan operator ketika melakukan validasi, misalnya nomor handphone, tempat tanggal lahir, dsb. Meski begitu, nama ibu kandung masih penting untuk dirahasiakan yah guys, jadi jangan sampai ceroboh dengan menaruhnya di mana-mana ya.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Pentingnya Nama Ibu Kandung di Dunia Perbankan

Artikel Terkait