Punya Kartu Kredit Tapi Tidak Pernah Diaktifkan, Hati-Hati...

Tergiur ingin memiliki kartu kredit, tapi belum begitu mengerti akan digunakan untuk apa nantinya. Lalu, ketika tawaran membuat kartu kredit datang, tanpa banyak pertimbangan langsung menyetujui begitu saja, dan alhasil ketika aplikasi kartu kredit diterima dan kartunya telah sampai di tangan, masih ada keengganan untuk mengaktifkannya.

Nah, sikap seperti itu harus anda waspadai, karena tidak mengaktifkan kartu kredit bukan berarti anda aman-aman saja. Kebanyakan kasus yang terjadi, mereka-mereka yang tidak mengaktifkan kartu kredit yang dipunyainya, karena telah memiliki kartu kredit lain sebelumnya, sehingga ketika tiba-tiba ada marketing kartu kredit menelepon menawarkan pembuatan kartu kredit X misalnya, langsung setuju saja.

Beruntungnya, aplikasi kartu kredit X yang dilakuka iseng-iseng berhadiah ini berhadiah betulan, alias diapprove pihak bank. Ketika kartu kredit sampai di tangan, ada rasa enggan mengaktifkan karena belum membutuhkan. Pikirnya, bila tidak diaktifkan maka tidak ada kewajiban untuk membayar biaya-biaya tertentu. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa terjadi bila anda tidak mengaktifkan kartu kredit.

Terkena tagihan biaya tahunan kartu kredit

Waduh, ini dia masalahnya. Tidak mengaktifkan kartu kredit, bukan berarti tidak akan terkena tagihan. Dari kebanyakan kasus yang terjadi, pemegang kartu kredit yang diketahui tidak mengaktifkan kartu kreditnya, tetap dikirimi tagihan bulanan, isinya apa? Isinya adalah annual fee. 

Loh, annual fee kan tahunan?

Yuk Cari Tahu Biaya Kartu Kredit Selain Iuran Tahunan!

Memang betul sih, annual fee itu tahunan, lalu bagaimana jika si pemegang kartu tidak mengaktifkan kartu kredit nya hingga setahun ke depan saking lupanya dia kalau memiliki kartu kredit yang belum diaktifkan itu? Dan itu berlanjut terus karena si pengguna abai terhadap kartu kreditnya tersebut. Alhasil yang terjadi adalah tagihan makin membengkak, padahal dipakai saja tidak. Siapa yang mau bayar bukan?

Kehilangan Manfaat Kartu Kredit

Kartu kredit padahal bermanfaat jika digunakan. Dengan kartu kredit, anda bisa berbelanja dengan mudah, membayar tagihan listrik, air, telepon rumah, dsb dengan mudah dan murah. Tapi, kemanfaatan kartu kredit tidak akan bertambah jika disimpan begitu saja dalam dompet ataupun laci meja. Anda tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan poin, cashback, cicilan 0% atau reward poin, yang bisa anda dapatkan dari penggunaan kartu kredit.

Cara Cerdas Memanfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit

Riwayat Kredit Tidak Baik

Kartu kredit fungsinya adalah untuk kredit, jadi dengan kartu kredit anda melakukan kredit ke pihak bank. Jika anda rajin kredit dengan kartu kredit, dan rajin membayar tagihannya tiap bulan, bank akan memberi nilai baik. Eh, tidak hanya bank penerbit kartu kredit anda saja yang menilai baik, karena riwayat kredit anda akan masuk ke catatan BI. 

Di kemudian hari, riwayat kredit dari catatan BI ini akan digunakan bank manapun sebagai bahan untuk mempertimbangkan rencana kredit anda selanjutnya. Misalnya anda berencana kredit rumah (KPR), Kredit Usaha Mikro, ataupun Kredit Kendaraan Bermotor, maka bank akan melihat catatan kredit anda di BI.

Bayar Biaya Renovasi Rumah Sampai Biaya Nikah dengan KTA!

Kalau sobat punya kartu kredit yang belum diaktifkan, segera diaktifkan saja ya, dan pakai untuk hal-hal yang kecil seperti bayar listrik, air, atau telepon, sehingga kartu kredit anda tetap ada manfaatnya. Jika memang tidak dipakai, lebih baik ditutup saja.

 

 

 

 


Komentar untuk Punya Kartu Kredit Tapi Tidak Pernah Diaktifkan, Hati-Hati...

Related Article
Jika anda pernah mencoba mengajukan aplikasi kartu...
Jika anda memiliki kartu kredit, pasti anda tahu b...