Resolusi Keuangan 2017: Bagaimana Mengatur Keuangan di 2017?


Resolusi Keuangan 2017: Bagaimana Mengatur Keuangan di 2017? Rating : 0/5 (1)

Mumpung masih awal tahun, tidak ada salahnya anda membuat resolusi keuangan di tahun 2017 ini. Lalu apa sajakah yang penting dalam mengatur keuangan? Atau bagaimanakah cara mengatur keuangan di tahun 2017?

Dilansir dari laman economy.okezone.com, resolusi yang baik menurut perencana keuangan Andi Nugroho haruslah specific, measurable, achievable, realistic dan timeline. Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, maka resolusi yang baik adalah yang spesifik, bisa diukur, bisa dicapai, realistis, dan ada timelinenya.

Selaras dengan syarat resolusi yang baik di atas, Pilihkartu menjabarkan bagaimana mengatur keuangan yang baik di 2017, yakni:

1. Spesifik

Resolusi yang baik haruslah yang spesifik. Tidak ada gunanya bila membuat resolusi yang terlampau luas cakupannya. Ada baiknya, rumuskan goal untuk satu tahun ke depan, dan buatlah lebih spesifik akan rencana-rencana yang perlu dilakukan.

2. Bisa diukur

Rencana yang terlalu ‘mengawang-awang’ dan tidak bisa diukur hanya akan membuat pusing kepala. Sebaiknya buat rencana yang mudah dan bisa diukur, sehingga dalam mencapai tujuan juga lebih mudah.

3. Realistis

Anda perlu realistis dalam merumuskan resolusi, ini sebabnya mengapa sebaiknya berpatokan pada rencana yang bisa diukur. Jangan membuat rencana yang kira-kira tidak bisa dicapai. Misal, anda ingin mobil Porsche dalam 1 tahun ini sementara gaji anda sebulan masih jauh dari taraf untuk bisa memenuhi itu, maka ini akan sulit dicapai, artinya anda kurang realistis.

Baca juga: HSBC Platinum Cashback, Hadirkan Cashback Terbaik!

Meskipun bisa saja anda di tengah jalan, mendapatkan hadiah rejeki nomplok untuk membeli Porsche, tapi tetap saja ini tidak bisa dimasukkan dalam rencana yang realistis. Realistis adalah memadukan antara kemampuan anda dengan pengukuran yang rasional.

4. Terjadwal

Dalam periode 12 bulan ke depan, milikilah jadwal terstruktur. Misal untuk mencapai goal menikah di akhir 2017, anda paling tidak memiliki jadwal bulanan, seperti: mulai Januari menabung, melamar di bulan ke 6, dan lain sebagainya, haruslah terjadwal dengan baik dan anda harus disiplin terhadap timeline/jadwal yang anda buat.

Nah kira-kira seperti itulah untuk membuat resolusi keuangan yang baik di tahun 2017 ini. Jangan lupa untuk selalu update berita dan tips seputar finansial dan kartu kredit di pilihkartu!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Resolusi Keuangan 2017: Bagaimana Mengatur Keuangan di 2017?

Joe 05 January 2017

(0)
emang agak susah ya mengatur keuangan ntuk diri sendiri itu, saya kira memang kita perlu resolusi untuk 2017 ini min. Saya setuju pendapat mimin! Thanks min atas masukannya! Kartu Kredit di tahun 2017 ini memang harus optimal penggunaannya. Terimakasih Pilihkartu!

admin 05 January 2017

(0)

Sama-sama ya :).

Artikel Terkait