Sebelum Membeli dengan Cicilan Kartu Kredit, Perhatikan Hal-Hal di Bawah Ini!

Kehidupan di masa sekarang, ditandai dengan semakin mudahnya seseorang untuk mendapatkan barang. Di zaman dahulu, jika seseorang ingin membeli mobil misalnya, tetapi yang bersangkutan belum mempunyai cukup uang, maka ia akan menabung hingga uangnya cukup untuk membeli mobil.

Lain halnya di masa sekarang ini, sistem menjadi terbalik, yakni bawa pulang mobil, menikmati mobil sembari membayar biaya pembeliannya. Sistem seperti ini kita kenal dengan cicilan atau kredit. Dan sistem cicilan atau kredit tidak hanya berlaku untuk benda-benda mahal saja, tetapi yang harganya menengah hingga murah pun tersedia fasilitas cicilan.

Dulu urusan mencicil atau kredit tidak simple, dan merepotkan karena banyak syarat-syarat yang dibutuhkan. Tetapi, sekarang dengan adanya kartu kredit, urusan cicilan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Dengan adanya kartu kredit, si pemegang kartu dapat memanfaatkannya untuk membeli barang dengan skema cicilan. Nah, tetapi tidak semua cicilan itu keadaannya sama rata, jadi pastikan anda memperhatikan hal-hal di bawah ini, sebelum membeli barang dengan cicilan kartu kredit:

1. Manfaatkan promo cicilan 0%

Tahukah anda bahwa cicilan atau kredit dimanapun, baik itu motor, mobil, gadget, laptop, dsb, selalu ada bunga yang dikenakan kepada anda. Misal anda membeli Handphone seharga 2 juta jika tunai, maka jika anda membelinya dengan sistem kredit selama 5 bulan dan bunga 2% (misalnya), maka selama 5 bulan, anda akan membayar cicilan sebesar

(2.000.000/5)+(2.000.000x2%)= 400.000+40.000= 440.000 setiap bulannya.

Jika anda kalikan kembali cicilan anda per bulan dengan 5 bulan, maka:

440.000x5= 2.200.000

Jadi, gadget anda menjadi lebih mahal 200.000 bukan?

Hampir semua sistem kredit demikian, tetapi dengan kartu kredit, tersedia fasilitas berupa cicilan 0%. Artinya, cicilan anda tidak akan ada bunga sama sekali.

Misal anda membeli gadget seharga 2.000.000 dengan cicilan 0% selama 5 bulan, maka jika ditotal pembayaran cicilan anda tetap 2.000.000.

Bagaimana mencari cicilan 0% kartu kredit?

Untuk mencari cicilan 0% kartu kredit sangat mudah, apalagi dengan bantuan internet dan google. Cicilan 0% kartu kredit dapat anda temui hanya dengan mengetikkan kata kuncinya saja, misal cicilan 0% kartu kredit Bank Mega, maka google akan mencarikannya untuk anda dalam hitungan detik.

2. Periksa sisa pagu kartu kredit anda

Nah, ini juga tak kalah pentingnya dari mencari cicilan 0% kartu kredit, karena percuma anda sudah susah payah mencari, tetapi ketika anda hendak menggunakan kartu kredit anda, ternyata sudah tidak ada limit tersisa.

Selain itu, periksa juga harga barang yang akan anda beli, apakah jika membelinya akan membuat over limit kartu kredit anda atau tidak. Tetapi, bila ada indikasi terjadi over limit, bank akan menolak penggunaan kartu kredit anda.

3. Metode pemotongan limit

Dalam menggunakan kartu kredit, ada dua metode pemotongan kartu kredit yang disediakan bank, yaitu:

  • Bank bisa saja memotong jumlah limit yang telah digunakan pemegang kartu selama masa cicilan. Misalnya: Anda memiliki kartu kredit BCA MasterCard Gold dengan limit sebesar 10.000.000 rupiah. Kemudian anda menggunakannya untuk membeli handphone seharga 5.000.000 rupiah dengan sistem cicilan 0% selama 5 bulan. Bank kemudian akan memotong limit yang bisa anda pergunakan hingga masa cicilan anda selesai. Kurang lebih selama 5 bulan, limit kartu kredit BCA MasterCard Gold anda adalah 5.000.000 rupiah.
  • Bank menambah limit kartu seiring dengan pembayaran cicilan. Misal, anda menggunakan kartu kredit BNI MasterCard Gold anda sebesar 7.000.000 untuk pembelian laptop dengan cicilan 0% selama 6 bulan. Kurang lebih per bulannya anda akan membayar sebesar 7.000.000/6= 1.166.666 ribu rupiah. Setiap anda membayar cicilan, maka limit kartu anda akan terus ditambah.

Oke, sudah jelaskah sobat hal ihwal membeli dengan cicilan kartu kredit? Ingat ya, kartu kredit anda adalah tanggung jawab anda, pastikan untuk selalu bijak sebelum menggunakannya.


Komentar untuk Sebelum Membeli dengan Cicilan Kartu Kredit, Perhatikan Hal-Hal di Bawah Ini!

Related Article
Tau kan surcharge kartu kredit? Biaya yang kadang ...
Kartu kredit, sesuai namanya adalah kartu yang khu...