Sekarang Kartu Kredit BCA Bisa Buat Bayar BPJS!


Sekarang Kartu Kredit BCA Bisa Buat Bayar BPJS! Rating : 5/5 (1)

BPJS Kesehatan merupakan jenis asuransi kesehatan yang sifatnya wajib bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah mewajibkan seluruh penduduk Indonesia untuk memiliki BPJS Kesehatan, sehingga untuk kebutuhan kesehatan masyarakat akan mudah terpenuhi tanpa harus terkendala biaya.

Nah, berita baiknya, sekarang ini pemegang kartu kredit BCA akan bisa memanfaatkan kartu kreditnya untuk keperluan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Berapa Besar Iuran BPJS Kesehatan?

Sistem BPJS Kesehatan adalah dengan iuran per bulan. Seseorang yang tergabung dalam asuransi BPJS Kesehatan harus membayar iuran BPJS setiap bulannya. Besar iuran tergantung dengan kelas BPJS nya, makin tinggi kelasnya makin besar pula iurannya.

Lebih jelasnya, besar iuran BPJS Kesehatan sesuai kelasnya seperti terlihat di bawah ini:

  1. Kelas 3 : 25.500/bulan
  2. Kelas 2 : 51.000/bulan
  3. Kelas 1 : 80.000/bulan

Adapun ketentuan iuran BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Sementara itu, untuk masyarakat yang kurang mampu atau masuk dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah.
  2. Kemudian untuk iuran BPJS bagi seseorang yang bekerja di lembaga pemerintah, baik itu PNS, TNI, Polri, pejabat negara, dan pegawai non PNS, maka iuran BPJS sebesar 3% dibayar pemberi kerja, dan 2% sisanya dibayar peserta.
  3. Khusus untuk iuran BPJS bagi seseorang yang bekerja di BUMN, BUMD, dan swasta, maka iuran BPJS sebesar 4% dibayar oleh pemberi kerja, dan 1% sisanya dibayar peserta.
  4. Lalu, khusus untuk pekerja penerima upah yang telah berkeluarga (anak hingga 4, ayah, ibu, mertua) maka pekerja penerima upah harus membayar 1% iuran dari bpjs anggota keluarganya tersebut.
  5. Iuran untuk para veteran, perintis kemerdekaan, janda/duda, yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan, maka besar iuran adalah 5% dari 45% gaji pokok PNS golongan III/a dengan masa kerja 14 tahun per bulan, dan iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Adapun jatuh tempo pembayaran iuran adalah setiap tanggal 10 tiap bulannya. Tidak ada denda keterlambatan pembayaran, hanya saja bila dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta mendapatkan pelayanan kesehatan, maka aka nada denda 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak.

Cara Pembayaran BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan, diantaranya adalah melalui:

1. ATM

Untuk saat ini, BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan beberapa bank nasional untuk urusan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, yakni Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri. Setiap peserta BPJS Kesehatan bisa membayarkan iuran bulannnya melalui ATM BNI, ATM BRI, dan ATM Mandiri.

2. Bayar Iuran BPJS Kesehatan dengan Kartu Kredit BCA

Nah, sekarang kabar terbaru adalah pembayaran iuran BPJS Kesehatan menggunakan kartu kredit BCA. Lalu bagaimanakah cara bayarnya?

Untuk saat ini, cara bayar iuran BPJS Kesehatan dengan kartu kredit BCA masih menggunakan metode autodebet kartu kredit BCA. Mengingat jatuh tempo pembayaran iuran BPJS Kesehatan adalah setiap tanggal 10 di tiap bulannya, maka metode autodebet kartu kredit BCA ini tidak akan membuat peserta BPJS terlambat dalam membayar iuran.

Baca juga: Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Melalui Debit Langsung

Nah, dengan jumlah nasabah kartu kredit BCA yang ada sekitar 14 juta orang, tentu akan semakin mempermudah pembayaran iuran BPJS Kesehatan mereka.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Sekarang Kartu Kredit BCA Bisa Buat Bayar BPJS!

wanda 19 April 2017

(5)
untuk pembayarannya apakah bsia dilakukan di ATM bapak? terima kasih :)

admin 19 April 2017

(0)

Pembayaran Iuran BPJS pakai kartu kredit BCA sistemnya autodebet (didebet otomatis tiap bulannya). Kalau untuk bayar tagihan kartu kreditnya, bisa pakai ATM :).

Artikel Terkait