Sering ke Luar Negeri? Ketahui Barang-Barang yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara


Sering ke Luar Negeri? Ketahui Barang-Barang yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara Rating : 0/5 (0)
Masyarakat Indonesia di tahun-tahun belakangan menunjukkan minat yang tinggi pada aktivitas travelling. Seringkali, bila bepergian ke luar negeri selalu saja ingin membawa pulang oleh-oleh khas negara setempat untuk dibawah pulang ke tanah air.

Sebelum sobat semua memborong dagangan di luar negeri dan memboyongnya ke Indonesia, ada baiknya sobat tahu barang-barang apa saja yang bisa masuk ke Indonesia tanpa dikenai bea cukai. Ya, bila kamu bawa barang-barang di luar negeri, ada kemungkinan akan dikenakan biaya yang disebut bea cukai di Bandara.


Pertama-tama mari kita lihat dasar hukum dari pemberlakuan Bea Cukai di Bandara, yaitu Peraturan Menteri Keuangan No. 188 Tahun 2010. Menurut peraturan tersebut, barang yang bernilai lebih dari US$1.000 (sekitar 14jt 85ribu, kurs 7/1/2019 US$ 1 = IDR 14.085) per keluarga, atau US$250 (sekitar 3jt500ribuan) per orang akan dikenai bea cukai.

Baca juga: Liburan ke Luar Negeri? Simak Aturan Baru Bea Masuk Barang dari Menkeu Sri Mulyani

Nah, kamu yang suka beli barang-barang mewah dari luar negeri, memang sebaiknya sudah cukup paham dengan permenkeu tersebut. Ini demi kebaikan kamu sendiri, supaya tidak ‘kecewa’ dengan petugas bea cukai di bandara bila barangmu disita atau dikenakan bea cukai. Kalau ada teman yang suka nitip barang mewah dan mahal, kamu juga harus sadar dengan kewajiban bea cukai yang ada ya.

Lebih jelasnya, ada beberapa barang yang akan diperiksa oleh petugas bea cukai di bandara, seperti tertera di bawah ini:

1. Cerutu, Tembakau, Rokok, dan Alkohol

Seperti yang telah ditetapkan pada Permenkeu No. 188 Tahun 2010, barang-barang yang berupa cerutu, tembakau, rokok, dan alkohol dibatasi jumlahnya.

Untuk cerutu dibatasi 25 batang, rokok/sigaret maksimal 200 batang, lalu cairan dengan kandungan etil alkohol (minuman beralkohol) maksimal 1 Liter.

Bila lebih dari batasan yang diberlakukan maka akan dimusnahkan oleh petugas.

2. Barang Baru dengan Kemasan Masih Utuh

Ketika berada di bandara, petugas diperbolehkan memeriksa barang pribadi yang tidak dilaporkan pada custom declaration. Bila ada barang kamu yang kelihatan masih baru dan masih utuh tentu bakal menarik perhatian petugas.

Petugas akan memeriksa apakah nilai barang tersebut melebih nominal yang diperbolehkan dalam Permenkeu No. 188 Tahun 2010. Barang-barang yang seringkali dibawa pelancong dari luar negeri dalam keadaan utuh dan baru misalnya gadget, tas, barang elektronik, perhiasan, hingga mainan anak-anak.

3. Tas Mewah dan Perhiasan

Tas mewah dan perhiasan yang kamu bawa masih akan diperiksa petugas bea cukai meskipun ia sudah keluar dari kotak kemasannya. Ini karena ada banyak kasus terutama pengusaha online shop yang bandel dengan menghindari pajak bea cukai.

Barang untuk dijual sering diakui sebagai barang untuk pribadi, tapi petugas bea cukai ternyata cukup jeli untuk mengenali barang lama dan barang baru.

4. Uang Tunai yang Jumlahnya Banyak

Jaman digital sekarang ini, masih jaman bawa uang tunai dalam jumlah besar? Kalau kamu kedapatan bawa uang tunai dalam jumlah besar, ini takkan luput dari pemeriksaan petugas bea cukai di bandara, lho.

Bila uang tunai yang kamu bawa nilainya lebih dari 100 juta, maka petugas berhak mempertanyakan ini. Selain uang tunai, instrumen lain yang nilainya lebih dari ketentuan juga akan diperiksa. Kalau memang harus bawa uang tunai (atau dalam bentuk instrument lain) dalam jumlah banyak, maka kamu harus mengantongi ijin dari BI.

5. Barang dengan jumlah yang tidak wajar

Barang-barang yang kamu bawa dengan jumlah tidak wajar juga akan menarik perhatian petugas bea cukai. Maksudnya barang dengan jumlah tidak wajar ini misalnya kamu bawa pulang sepatu 10 pasang, celana 16 pasang, dan lain sebagainya.

Petugas bisa berpikiran kamu lagi ‘kulakan’ barang dari luar negeri untuk dijual di Indonesia, lho.

6. Isi Custom Declaration dengan Jujur

Bila ingin aman, dianjurkan agar para pelancong dari luar negeri mengisi custom declaration dengan sejujur-jujurnya, sehingga bila diperiksa petugas tak perlu ada kekhawatiran berlebih.

Baca juga: Tips Liburan Murah Meriah dengan Kartu Kredit

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Sering ke Luar Negeri? Ketahui Barang-Barang yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara

Artikel Terkait