Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Atasi Dengan KTA!


Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Atasi Dengan KTA! Rating : 5/5 (1)

Punya kartu kredit memang bisa membantu masalah keuangan, tapi kalau ‘kebablasan’ tak jarang bikin tagihan kartu kredit menumpuk. Alhasil, kebingungan untuk melunasinya, sementara bunga kartu kredit yang dikenakan semakin beranak pinak dari waktu ke waktu.

Tagihan kartu kredit yang menumpuk, bisa disebabkan karena banyak hal. Misalnya seperti di bawah ini:

1. Penggunaan hingga batas maksimal limit kartu kredit

Limit kartu kredit saat awal takkan jauh berbeda dengan gaji bulanan kita, tapi kalau sudah pemakaian lama dan bagus, biasanya limit kartu kredit per bulan bisa melebihi gaji bulanan.

Baca juga: Tips Liburan Hemat Ala Kartu Kredit

Keuntungannya enak sih, limit yang besar artinya bisa beli lebih banyak barang. Tidak enaknya, jelas kalau spending/pemakaian hingga maksimal limit kartu kredit, yang notabene lebih besar dari gaji bulanan, jelas tekor nanti ketika bayar tagihan. Kan tidak mungkin gaji sebulan dihabiskan untuk bayar tagihan kartu kredit sebulan juga? Pasti ada kebutuhan lain yang tidak menggunakan kartu kredit alias tunai, nah loh?

2. Telat bayar tagihan kartu kredit

Telat bayar tagihan kartu kredit bisa juga jadi pemicu tagihan kartu kredit yang membengkak. Ingat, telat bayar tagihan kartu kredit akan dikenakan denda keterlambatan atau late charge sebesar sekian persen dari total tagihan kartu kredit loh.

3. Keseringan tarik tunai

Tau gak sih kalau ada yang namanya maksimal penarikan tunai di kartu kredit? Dan biasanya maksimal penarikan tunai ini berkisar 40% sampai 60% dari total limit kartu kredit. Masalahnya, tarik tunai kartu kredit itu ada biayanya.

Berapa sih besar biaya tarik tunai kartu kredit?

Jadi, dalam transaksi tarik tunai kartu kredit (di ATM ya bukan di EDC, kalau di EDC namanya gestun alias gesek tunai dan itu dilarang pemerintah) ada 2 hal BERBEDA yang perlu diperhatikan sobat semua , yaitu:

  1. Biaya tarik tunai
  2. Bunga tarik tunai

Wah, kirain biaya tarik tunai dan bunga tarik tunai itu sama, ternyata BEDA ya?

Yups, BEDA.

1. Biaya tarik tunai

Biaya ini dikenakan tiap seseorang melakukan penarikan tunai di ATM, pakai kartu kredit. Besarnya tiap kartu kredi beda-beda, tapi biasanya keterangannya seperti ini : Minimal 40.000 atau 4% tergantung mana yang lebih tinggi.

Artinya, kalau tarik tunai 100.000, biayanya = 100.000 x 4% = 4.000.

Jadi, biayanya 4.000?

NO, SALAH. Oleh karena minimal biaya 40.000, jadi kalau tarik tunai 100.000 biayanya tetap 40.000.

Maka dari itu, kadang orang kalau tarik tunai sekalian yang banyak, soalnya kan sayang, pokok penarikan hampir sama dengan biayanya.

2. Bunga tarik tunai

Hampir sama seperti bunga ritel, bunga tarik tunai ini dikenakan kalau seseorang tidak membayar tagihan tarik tunai kartu kreditnya secara penuh (full payment). Besarnya hampir sama dengan bunga ritel.

Kalau bayar tagihan tarik tunai full, tidak akan terkena bunga tarik tunai.

Lalu bagaimanakah solusi untuk tagihan kartu kredit yang membengkak?

Nah, kalau tagihan kartu kredit anda terlanjur membengkak hingga kesulitan untuk membayarnya, coba gunakan KTA. Pernahkah mendengar KTA?

KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, alias kredit tanpa perlu jaminan sama sekali. Meski tanpa jaminan, nominal uang yang ditawarkan bisa lebih tinggi dari rata-rata limit kartu kredit.

Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai tagihan kartu kredit membengkak anda jatuh ke kategori kredit macet, karena kalau sudah begini maka akan sulit bagi anda untuk meminjam dana ke bank, termasuk dalam bentuk KTA.

Baca juga: Bayar Biaya Renovasi Rumah Sampai Biaya Nikah dengan KTA!

Jadi, sebelum itu terjadi, segeralah cari pilihan KTA terbaik dengan bunga ringan. Pilih tenor yang cukup panjang atau minimal sesuai dengan kondisi finansial anda per bulannya. Ada beberapa bank yang menawarkan bunga ringan hingga di bawah 10% per tahunnya. Nah, pintar-pintarlah dalam memilih KTA.

Ketika anda dalam posisi mencicil KTA, maka sebaiknya kartu kredit jangan dipakai dulu. Ini untuk memperbaiki pola spending/pengeluaran anda, dari yang sebelumnya membeli sesuatu karena bisa membayarnya, menjadi membeli sesuatu kalau ada dananya.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tagihan Kartu Kredit Membengkak? Atasi Dengan KTA!

Adi 24 October 2017

(5)
Bisa ajukan KTA ga?

admin 24 October 2017

(0)

Hai, kami tidak bisa melayani pengajuan KTA, untuk sekarang kami hanya bisa memberi informasi tentang KTA.

Artikel Terkait