Tak Aman, Jangan Gunakan Password Seperti Ini


Tak Aman, Jangan Gunakan Password Seperti Ini Rating : 0/5 (0)

Apakah anda pengguna internet dan sosial media? Kalau begitu, anda pasti familiar dengan ‘password’. Password merupakan kata kunci yang anda buat sendiri, supaya anda bisa masuk ke berbagai akun sosial media yang anda miliki. Tiap akun bisa jadi berbeda passwordnya, maka tak heran bila satu orang bisa memiliki lebih dari sepuluh password.

MasterCard misalnya, melakukan studi dan menemukan bahwa rata-rata masyarakat sekarang memiliki sepuluh akun di perangkat yang mereka miliki, atau bahkan pada beberapa aplikasi berbeda. Rata-rata setiap minggunya pengguna internet memasukkan satu password dan 8 password setiap harinya. Kurang lebih sebanyak 16% pengguna internet tidak lupa akan passwordnya dan 84% sisanya lupa. Jumlah yang fantastis.

Nah, bicara soal password di akun sosial media di internet, akun perbankan online juga menggunakan password. Akun perbankan online yang bisa disebut e-banking juga menggunakan username dan password. Nah, terkadang nih ya, karena saking banyaknya akun yang dipunya, netizen cenderung menerapkan satu password yang sama untuk semua akun yang dipunya, dan celakanya lagi, password yang dipakai kurang kuat alias mudah ditebak.

Kalau begini, berbahaya sekali karena akun-akun anda termasuk akun e-banking bisa dengan mudah diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Survey yang dilakukan MasterCard juga mengungkapkan bahwa sebanyak 1/5 dari masyarakat menggunakan tanggal ulang tahun sebagai password, 18% menggunakan nama hewan peliharaan, dan 12% menggunakan nama keluarga sebagai password.

Nah, bagaimana membuat password yang aman?

Selain aman, password juga harus mudah diingat, untuk anda sendiri  karena kalau lupa anda juga yang repot harus mengganti password tiap kali ingin masuk ke sebuah akun. Yang pasti, jangan pernah gunakan nama anda sendiri atau tanggal lahir anda, atau kombinasi nama dan tanggal lahir anda untuk sebuah password, karena akan mudah ditebak.

Gunakan satu password untuk satu akun, bila anda punya 10 akun, maka aka nada 10 passwords. Bila khawatir terlupa, anda bisa mencatatnya di sebuah kertas atau note di handphone. Kuat tidaknya sebuah password juga terletak pada kombinasi huruf, lowercase, uppercase, symbol, serta angka. Gunakan kombinasi dua, tiga, atau semuanya dan anda sudah memiliki password yang kuat. Takut kelupaan? Catat!

 

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tak Aman, Jangan Gunakan Password Seperti Ini

Artikel Terkait