Tak punya kartu kredit? Coba Mobile Payment

Jika kartu kredit masih dirasa sulit untuk bisa anda dapatkan, maka untuk sementara waktu alternatif alat pembayaran lain mungkin bisa dicoba, yaitu mobile payment.

Lalu apa yang dimaksud dengan mobile payment?

Mobile payment merupakan alat pembayaran dengan menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone yang sebagian besar masyarakat Indonesia telah memilikinya. Mobile payment merupakan salah satu dari sekian banyak teknologi pembayaran yang kini mulai berkembang di Indonesia.

Teknologi pembayaran selain mobile payment?

Teknologi pembayaran telah berkembang demikian pesatnya. Dari awal mula orang hanya melakukan barter, kemudian ditemukan uang emas, uang logam, uang kertas, kartu plastik seperti kartu kredit dan kartu debit, hingga kini perangkat seluler digunakan untuk alat pembayaran.

Apakah keberadaan mobile payment akan meredupkan popularitas kartu kredit dan kartu debit?

Pada dasarnya, teknologi pembayaran yang ada merupakan alternatif yang dapat dipilih masyarakat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Contohnya: meskipun sekarang popularitas kartu kredit dan kartu debit kian naik, tetapi keberadaannya sama sekali tidak menghilangkan uang kertas dan uang logam.

Ini karena transaksi dengan teknologi pembayaran tertentu hanya dapat digunakan untuk situasi-situasi tertentu saja. Semisal ke pasar, tentu tidak dapat menggunakan kartu kredit atau kartu debit sehingga digunakanlah uang kertas dan uang logam.

Sama halnya yang terjadi dengan mobile payment dengan menggunakan perangkat telepon seluler. Tidak semua merchant (pedagang) memiliki perangkat yang bisa menerima pembayaran dengan metode tersebut.

Jenis-jenis mobile payment

Mobile payment yang kini kian menggeliat, mulai dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Beberapa di antaranya yang telah sering kita dengar adalah LoopPay yang diakuisisi Samsung Pay, Apple Pay, e-Wallet, Mobile Wallet, Mandiri e-cash, T-Cash dari Telkomsel, dan masih banyak lagi lainnya.

Meski sudah banyak yang mulai mengadopsi sistem mobile payment, tetapi ternyata ada beberapa kelemahan mobile payment, yakni limit transaksi. Sistem yang ada memberikan batasan limit yang tidak begitu besar, sehingga mobile payment untuk saat ini baru sebatas transaksi yang kecil dan sedang.

Alasan keamanan mobile payment

Mobile payment sendiri, hadir sebagai alternatif teknologi pembayaran yang aman. Mobile payment, dengan limit saldo yang kecil, relatif lebih aman. Ini juga berguna bagi pengguna yang ingin memisahkan antara tabungan dan alat pembayaran demi keamanan.

Teknologi dalam mobile payment

Menggunakan mobile payment tentu perangkat juga harus kompatibel. Dahulu, mesin EDC untuk menggesek kartu kredit atau kartu debit di merchant hanya menerima pembayaran melalui gesek saja.

Tetapi, kini mesin EDC di merchant diperbarui kembali dengan teknologi NFC, atau Near Field Communication. Teknologi NFC ini juga dipasang di perangkat seluler. Dengan demikian, EDC dan perangkat seluler dapat saling berkirim pesan untuk keperluan perintah transaksi dan transmisi data.

Mobile Payment VS Kartu Kredit

Di atas sudah dipaparkan bila kartu kredit dan mobile payment sifatnya saling melengkapi. Bila perangkat di merchant belum bisa menerima teknologi mobile payment karena mesin EDC masih lawas, maka gunakanlah kartu kredit.

Sobat pilihkartu suka yang mana? Mobile payment atau kartu kredit?


Komentar untuk Tak punya kartu kredit? Coba Mobile Payment

Dwi 17 May 2016

Bagus

admin 17 May 2016

Terima kasih.
Related Article