Terapkan Tips Ini Supaya THR Tak Lekas Ludes


Terapkan Tips Ini Supaya THR Tak Lekas Ludes Rating : 0/5 (0)

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah jenis tunjangan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang bekerja sebagai karyawan swasta maupun negeri. THR dibayarkan sekali dalam setahun bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Fitri. Dan menurut peraturan pemerintah, THR paling lambat dibayarkan 7 hari sebelum Idul Fitri tiba.

Berapa besar THR?

Untuk seorang karyawan yang telah bekerja selama 1 tahun penuh, maka THR yang didapat adalah satu bulan gaji. Akan tetapi bila karyawan termasuk baru bekerja dan telah lebih dari 1 bulan, maka berhak untuk mendapatkan THR juga yang besarnya proporsional.

Oleh karena THR nilainya lumayan, terutama untuk seorang yang telah 1 tahun bekerja, tak heran bila ia sangat dinanti-nanti. Hanya saja, publik sering lupa bahwa THR seringkali lenyap tak berbekas ketika Idul Fitri telah lewat.

Mengapa?

Karena kebutuhan jelang Lebaran biasanya meningkat pesat, entah membeli baju untuk keluarga, memberi uang saku, membeli kue lebaran, atau mendekorasi rumah, yang membuat THR ludes tak berbekas.

Untuk itu, terapkan tips di bawah ini supaya THR tak lekas ludes

1. Pisahkan THR

Setelah menerima THR, sebaiknya segera pisahkan THR dengan gaji agar tidak lekas ludes. Usahakan untuk menggunakan uang gaji untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Bila memang gaji belum turun ketika lebaran tiba, gunakan dulu uang THR, baru setelah gaji turun, simpan gaji anda.

2. Bikin Anggaran

Anda perlu juga membuat anggaran pengeluaran yang wajib anda keluarkan ketika lebaran, misalnya zakat, angpau untuk saudara-saudara, pengeluaran rutin bulanan, kue dan baju lebaran hingga anggaran untuk keperluan mudik.

3. Hati-hati dengan promo

Promo Ramadhan dapat kita temui dengan mudah. Hampir semua merchant mengadakan promo saat Ramadhan. Dan memang, promo adalah sesuatu yang bisa membuat seseorang gelap mata dan berbelanja sebanyak-banyak.

Untuk itu, supaya tidak gelap mata saat menghadapi promo, usahakan untuk berhati-hati dalam memilih promo. Tetap prioritaskan kebutuhan pokok anda, bila tidak butuh sebaiknya tidak usah beli. Memang kita bisa tergoda akan barang yang sepertinya bermanfaat nanti di masa depan lalu membelinya, tapi kemudian ternyata kita tidak membutuhkan sama sekali dan akhirnya tidak dipakai.

Baca juga: Hemat Belanja Ramadhan Kamu dengan 4 Kartu Kredit Ini!

Maka dari itu supaya tetap seimbang, usahakan untuk berhati-hati dengan berbagai macam promo yang terlihat menggiurkan. Hati-hati dengan iming-iming promo diskon hingga 90% maupun promo lain yang terlihat mustahil. Biasanya penjual bisa memberi diskon hingga demikian besarnya karena telah menaikkan harga terlebih dulu, membuat syarat ketentuan minimum transaksi, dsb.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Terapkan Tips Ini Supaya THR Tak Lekas Ludes

Artikel Terkait