Tips Agar Hemat Saat Mudik Lebaran

Tak terasa puasa sudah dua minggu berlalu, dua minggu lagi lebaran. Mendekati lebaran, yang paling sibuk adalah sektor transportasi, karena mereka harus bekerja keras untuk menyediakan sarana dan prasarana mudik untuk para pemudik yang jumlahnya hingga ratusan ribu orang di seluruh Indonesia.

Sobat pilihkartu, apakah anda termasuk dalam jamaah mudik Indonesia di tahun 2016 ini? Sudahkah anda mempersiapkan segala kebutuhan mudik tahun ini? Jangan sampai mendadak loh. Mudik bukan sembarang kegiatan yang bisa anda kesampingkan begitu saja. Jika abai, bisa saja ada hal yang keteteran dan lupa anda persiapkan untuk kebutuhan mudik.

Selain mudik harus aman dan nyaman, mudik juga harus bisa hemat. Mengapa? Pasalnya, kebutuhan lebaran itu banyak sekali nantinya, tidak hanya mudik saja. Jadi, pastikan uang THR anda tidak ludes untuk biaya mudik ya sobat. Di bawah ini pilihkartu telah merangkum beberapa tips agar hemat saat mudik lebaran:

1. Persiapkan budget untuk mudik

Ini adalah hal yang pertama dan utama untuk anda persiapkan, budget mudik. Alokasikan sejumlah uang yang itu memang khusus untuk keperluan anda saat mudik, misalnya budget untuk tiket transportasi (tiket pesawat, kapal, kereta api, ataupun bis), budget untuk makan selama di jalan, budget untuk penginapan (bila butuh menginap).

Jika anda mudik menggunakan transportasi umum, dan kebetulan anda memiliki kartu kredit, jangan lupa untuk memanfaatkan promo kartu kredit. Biasanya kartu kredit bekerjasama dengan travel agent atau maskapai penerbangan untuk menyediakan promo diskon tiket pesawat, kereta api, ataupun diskon hotel.

Membeli tiket transportasi jauh-jauh hari juga akan menyelamatkan anda dari lonjakan harga tiket menjelang lebaran, atau malah menyelamatkan anda dari kemungkinan tidak bisa pulang ke kampung halaman akibat kehabisan tiket.

2. Siapkan Obat-obatan pribadi

Kesehatan adalah yang paling penting, oleh karenanya jaga tubuh dan pikiran anda agar tetap fit selama mudik berlangsung. Tidak akan menyenangkan jika anda mudik dalam keadaan sakit, tidak enak badan, meriang dsb. Maka dari itu, persiapan obat-obatan seperti obat masuk angin, obat diare, obat mag, minyak kayu putih, obat sakit kepala nantinya akan membantu meringankan beban anda selama mudik.

3. Pilihan moda transportasi pribadi

Ini khusus untuk anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Jangan lupa untuk memperhatikan perawatan mobil atau motor yang akan anda gunakan untuk mudik nanti.  Servislah kendaraan anda sebelum mudik supaya ketika mudik tidak ada masalah serius yang harus anda hadapi.

Banyak orang yang mengabaikan masalah menservis rutin kendaraan pribadi, alhasil ketika mudik masalah mobil dan motor mogok, ban bocor sering ditemui. Ingat, mudik dengan jarak yang cukup jauh mengharuskan kendaraan pribadi anda untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Jadi, sebelum terlambat mulai sekarang periksakan kendaraan anda ya soba ^^.

4. Bekal makanan

Nah ini juga yang perlu dipersiapkan, yakni bekal makanan saat di jalan. Ya walaupun di jalan akan ada banyak penjual makanan dan minuman, tapi adakalanya memakan makanan bekal dari rumah bisa lebih menghemat pengeluaran untuk mudik anda nanti.

5. Bawa charger untuk handphone

Alat komunikasi tidak boleh sampai terganggu saat mudik nanti. Bila ada apa-apa, maka alat komunikasi adalah jalan penolong anda. Alat komunikasi yang kehabisan daya tidak akan berguna, karenanya pastikan anda membawa pengisi daya/charger untuk alat komunikasi yang anda bawa. Minimalisir penggunaan baterai handphone anda untuk aplikasi yang menguras daya.

6. Bawa uang tunai secukupnya

Mungkin anda adalah tipe orang yang tidak suka bawa uang tunai banyak-banyak karena semua transaksi biasanya anda lakukan dengan kartu kredit atau kartu debit. Tapi untuk kali ini, mau tidak mau anda harus menyiapkan uang tunai secukupnya. Di tengah jalan nanti anda tidak akan tahu apakah daerah yang anda lewati selama mudik menerima transaksi menggunakan kartu kredit/debit, jadi uang tunai tetap mutlak diperlukan.

Baca juga:

Sekian 6 tips agar mudik lebih hemat ala pilihkartu. Jangan lupa untuk senantiasa tertib lalu lintas sepanjang jalan ya sobat^^. 


Komentar untuk Tips Agar Hemat Saat Mudik Lebaran

Related Article
Ramadhan akan segera berakhir. Menjelang berakhirn...
Dari tahun ke tahun, biaya kuliah semakin naik. Pa...
Untuk lebih jelasnya, 4 hal di bawah ini bisa menj...