Tips Ajukan Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Belakangan ini banyak pelajar terutama dari kalangan mahasiswa yang tertarik dengan kartu kredit. Ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya ke pilihkartu bagaimana cara mendapatkan kartu kredit, selagi mereka masih berstatus mahasiswa dan belum punya penghasilan tetap.

Kendala bagi mahasiswa untuk mendapatkan kartu kredit adalah masalah penghasilan tetap. Untuk saat ini syarat pengajuan kartu kredit di Indonesia adalah:

  1. Berusia minimal 21 tahun atau telah menikah
  2. Memiliki kartu identitas diri (KTP/KITAS)
  3. Punya NPWP
  4. Punya penghasilan tetap yang dibuktikan dengan slip gaji dari tempat bekerja, atau melampirkan rekening payroll.

Syarat terakhir agaknya yang menjadi batu sandungan bagi mahasiswa untuk bisa memiliki kartu kredit. Kalau begini, masih mungkinkah mahasiswa memiliki kartu kredit?

Jawabannya: Mungkin saja!

Pada dasarnya cara mengajukan kartu kredit ada berbagai macam, bisa langsung ke bank, bisa online via pilihkartu, atau bisa melalui marketing. Yang manapun boleh asal tahu cara yang betul dan sesuai prosedur. Mahasiswa yang ingin mengajukan kartu kredit bisa melalui beberapa cara khusus yang memang tidak tersedia secara umum, tapi bisa jadi mudah ditemukan. Yuk langsung saja simak cara-cara pengajuan kartu kredit untuk mahasiwa berikut ini:

Promo-promo di pusat perbelanjaan

Biasanya, kalau jalan-jalan ke mall, anda akan menemukan stand/booth dari marketing bank yang kebetulan sedang mengadakan promo pembuatan kartu kredit tertentu. Syarat pembuatan kartu kredit yang biasanya butuh NPWP, slip gaji, dst, bisa dipangkas dengan hanya mengisi formulir dan melampirkan KTP saja.

Kenapa bisa? Ya namanya juga promo, jadi biasanya dipermudah. Tapi tetap, proses pembuatan akan melalui tangan analis bank, jadi siap-siap saja dengan proses tersebut. Misal anda punya rekening di Bank Mandiri dan aktif dipergunakan terus menerus, akan lebih mudah ketika kartu kredit yang sedang mengadakan promo tersebut adalah dari Bank Mandiri juga, karena mereka bisa memeriksa langsung rekening anda dan menilai apakah rekening anda termasuk yang layak untuk diberikan kartu kredit atau tidak.

Lock Dana

Ada lho beberapa kartu kredit dari bank tertentu yang tidak membutuhkan slip gaji/gaji minimal untuk pengajuan kartu kreditnya. Hanya sebagai gantinya mereka akan meminta dana untuk dilock pada rekening kartu kredit. Tujuannya bila pemegang kartu kredit tidak bisa membayar tagihan maka bank bisa mengambil dana yang di-lock untuk menutup tagihan.

Kartu kredit tanpa syarat gaji minimal ini disebut secure credit card. Di luar negeri sudah banyak tersedia secure credit card, tetapi di Indonesia belum banyak bank yang menyediakan. Tapi jika memang ingin, ada satu bank yang menyediakan jenis secure credit card, yaitu Indigo Secure Credit Card dari Bank Sinarmas.

Pakai Kartu Kredit Tambahan

Kartu kredit tambahan adalah kartu pendamping dari kartu kredit utama. Untuk mendapatkan kartu kredit tambahan, tentu harus ada kartu kredit utama. Jika anda sebagai mahasiswa tidak bisa mengajukan kartu kredit utama, pakai saja kartu kredit tambahan. Anda bisa meminta orang tua untuk mengajukan kartu kredit utama, lalu meminta kartu kredit tambahannya untuk anda pakai.

Bagaimana? Sudah cukup jelas mengenai cara pengajuan kartu kredit untuk mahasiswa? Sekarang anda tidak pusing lagi bukan bagaimana mendapatkan kartu kredit meski masih mahasiswa dan belum berpenghasilan tetap. 

 


Komentar untuk Tips Ajukan Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Wongso 14 November 2016

Ctrl + D dulu ah, siapa tau berguna kedepan nya

Ningrum 14 November 2016

Tips nya bermanfaat. nice min

Niken 14 November 2016

Kasus saya juga sama dengan abadi, pengen buat tapi saya tidak punya slip gaji pendapatan saya perbulan rata-rata 8/bln, adakah solusinya miin?

admin 14 November 2016

Halo Niken,

Apa salah ketik? Berapa penghasilan kamu per bulan?

Abadi 09 November 2016

Saya mahasiswa, kira2 untuk untuk standart syaratnya apakah harus dengan slip gaji, padahal kan saya mahasiswa? enaknya bagaimana ya min?

admin 09 November 2016

Bisa coba apply secure credit card saja, dengan menjaminkan sejumlah dana :). Coba Sinarmas Indigo Secure credit card.
Related Article
Mudik adalah tradisi wajib setiap lebaran tiba. Ju...
Sobat pilihkartu.com, berapakah kartu kredit yang ...