Tips Aman Bertransaksi Selama Wabah COVID-19 Rating : 0/ 5 ( 0 )
Masih segar di ingatan bagaimana aksi nekat seorang perempuan di Kota Jiangyin, Tiongkok yang mensterilkan uang sekitar Rp6 juta ke dalam oven karena takut uangnya terpapar SARS-coV-2. Bagaikan buah simalakama, uang tunai memang disinyalir mampu menjadi media penularan COVID-19. Lantas, adakah langkah preventif yang bisa kita lakukan tanpa harus memanggang uang? Tips aman bertransaksi yang bisa Anda lakukan adalah dengan banting setir ke transaksi nontunai.  

Bagi beberapa orang, transaksi nontunai sudah menjadi hal biasa. Namun, belum semua lapisan masyarakat terbiasa dengan metode pembayaran yang satu ini. Mungkin, ini adalah momen yang tepat untuk membiasakan diri dengan transaksi nontunai. 


Lantas, sampai sejauh mana transaksi nontunai dapat meng-cover gaya hidup kita selama wabah COVID-19? Berikut ini beberapa ide survival di tengah-tengah wabah COVID-19. 

Manfaatkan fasilitas mobile banking dan dompet online secara maksimal 

Selama #DiRumahAja, Anda pasti harus memiliki stok kebutuhan pokok yang cukup. Hindari panic buying dengan menyusun daftar belanja kebutuhan pokok mingguan. Setelah menyusun daftarnya, Anda bisa berbelanja dengan memanfaatkan aplikasi online shopping, seperti Go Shop, KlikIndomaret, dll. Pastikan saldo dompet online Anda mencukupi sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai. 

Jika tidak memiliki dompet online, jangan sampai kehilangan akal. Anda bisa menghubungi warung atau toko di dekat tempat tinggal Anda dan tanyakan apakah menerima layanan delivery. Pasalnya, ada beberapa toko kelontong yang mulai membuka jasa delivery

Setelah melakukan pemesanan, Anda dapat melakukan pembayaran via transfer melalui SMS, mobile atau internet banking! Usahakan untuk belanja sekali dalam seminggu agar tidak perlu sering-sering melakukan kontak dengan orang lain. 


Selain kebutuhan pokok, Anda juga bisa melakukan pembelian kebutuhan lain melalui online dengan menggunakan kartu kredit Anda. Seperti halnya pulsa, paket data, dan pulsa listrik, serta kebutuhan lain yang dapat Anda beli di platform e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee. 

Jika terpaksa keluar, cari outlet yang menerima transaksi nontunai 

Jika Anda terpaksa keluar untuk kebutuhan mendesak, cari tempat yang menerima pembayaran nontunai, misalnya dengan dompet online seperti OVO, Gopay, Link Aja, dll. Saat ini sudah banyak laundry, apotek, supermarket, pom bensin, sampai toko kelontong yang menerima pembayaran nontunai. 

Ini dia beberapa langkah pencegahan penyebaran COVID-19 yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selalu jaga kebersihan sekitar dan usahakan untuk stay at home. Jika memang harus keluar rumah, lakukan transaksi nontunai dan terapkan physical distancing. It won't be easy, but it'll be worth it, stay positive!

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit?

Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Aman Bertransaksi Selama Wabah COVID-19

Artikel Terkait