Tips Cerdas dalam Memilih KTA

Di artikel sebelumnya, pilihkartu sempat mengulas KTA secara garis besar, bila anda belum mengetahui sama sekali tentang KTA, silakan untuk membaca terlebih dahulu artikel Bayar Biaya Renovasi Rumah Sampai Biaya Nikah dengan KTA!. Bila anda sudah mengerti pengertian KTA, kini saatnya anda mengerti bagaimana tips cerdas dalam memilih KTA.

Mengapa sebaiknya memilih KTA?

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya anda mempertimbangkan KTA sebagai sumber dana pinjaman. Dilihat dari namanya yakni KTA, yang merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, tentu anda akan tergiur, apa benar tanpa agunan?

Agunan adalah jaminan, biasanya jika seseorang ingin mengajukan pinjaman ke sebuah bank atau lembaga keuangan, si peminjam akan dimintai jaminan entah itu berupa BPKB kendaraan bermotor (mobil, motor), atau bahkan sertifikat tanah. Syarat tersebut akan mudah bila si peminjam memang memiliki harta yang bisa dijaminkan, tapi bagaimana bila ingin meminjam uang dalam jumlah besar tetapi kendaraan bermotor atau sertifikat tanah (yang senilai dengan jumlah pinjaman) tidak satupun dimiliki?

Dalam keadaan yang demikian, KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah jawaban yang paling memungkinkan. Pasalnya, KTA tidak membutuhkan jaminan untuk anda bisa mendapatkan pinjaman uang dalam jumlah besar, dengan periode cicilan yang panjang, serta bunga yang tidak begitu besar.

Nah, tertarik untuk mengajukan KTA?

Tunggu dulu, meskipun tanpa agunan, KTA juga memiliki syarat yang perlu dipenuhi oleh calon peminjam. Ya, bagaimanapun anda akan meminjam uang ke bank dengan jumlah besar dan tanpa jaminan pula, tentu bank akan menyeleksi dengan ketat siapa-siapa saja yang berhak menikmati fasilitas ini. Supaya lebih jelas, mari kita lihat apa saja syarat untuk mendapatkan KTA:

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia
  2. Berusia antara 21 hingga 60 tahun
  3. Penghasilan tetap per bulannya minimal sebesar Rp3 juta untuk karyawan, wiraswasta, dan profesional.
  4. Melengkapi pendaftaran dengan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Di poin nomor 4, ada syarat untuk melengkapi pendaftaran dengan dokumen. Untuk itu, dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran KTA adalah:

  1. Fotokopi KTP/Paspor.
  2. Fotokopi NPWP (jika pinjaman di atas 50 juta).
  3. Fotokopi ID Card.
  4. Fotokopi kartu kredit dari bank lain, dengan masa keanggotaan minimal 1 tahun.
  5. Arsiran bagian depan kartu kredit
  6. Slip gaji terakhir
  7. Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  8. Fotokopi cover tabungan

Bila melihat dari syarat dokumen yang harus dilampirkan dalam pendaftaran KTA, anda akan melihat di poin 4 dan 5, yang mewajibkan anda untuk memiliki kartu kredit, dengan masa keanggotaan minimal 1 tahun. Semisal anda ingin mengajukan KTA dari Bank Standard Chartered, maka anda harus memiliki kartu kredit selain dari bank Standard Chartered, dan usianya telah lebih dari 1 tahun.

Lalu bagaimanakah tips cerdas dalam memilih KTA?

Setiap bank rata-rata memiliki produk KTA. Untuk memilih mana KTA yang terbaik tentu anda harus tahu apa saja yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih KTA, beberapa diantaranya adalah:

1. Kredibilitas Bank

Bank tempat tujuan anda ingin mendaftarkan KTA adalah bank yang seharusnya memiliki kredibilitas tinggi dalam menangani kliennya. Bila bank tempat anda ingin mendaftar adalah bank yang masih baru atau kurang baik reviewnya di mata pengguna, maka sebaiknya anda mencari alternatif pilihan bank lain.

2. Limit KTA

Dimanapun limit adalah komponen utama dalam pinjaman yang perlu diperhatikan. Bila limit KTA kecil dengan bunga besar, dan rasanya tidak berimbang, maka ada baiknya KTA tersebut dijadikan prioritas rendah.

3. Bunga

Namanya juga pinjaman, pasti ada bunga yang menyertai, tak peduli itu pinjaman pakai agunan maupun pinjaman tanpa agunan, kecuali kartu kredit yang punya fasilitas cicilan 0%. Di KTA nampaknya belum bisa memotong bunga hingga 0%, bunga pasti ada hanya saja pasti berbeda-beda tiap bank, tergantung kebijakan mereka untuk menggaet nasabah.

Yah, bunga pasti akan ditambahkan ke dalam cicilan anda, artinya anda akan mengangsur pinjaman plus bunga. Jadi, pastikan pilih KTA yang bunganya tidak besar.

4. Jangka waktu angsuran

Untuk KTA, karena biasanya nominal pinjaman besar maka tenornya pun besar. Biasanya paling cepat adalah 12 bulan dan paling lama adalah 60 bulan. Logikanya semakin lama anda mengangsur, maka akan semakin besar jumlah bunga yang anda setorkan ke bank. Oleh karenanya semakin cepat waktu angsuran anda, semakin kecil jumlah bunga yang anda bayarkan.

Pertimbangan dalam memilih jangka waktu angsuran, adalah dari segi kemampuan finansial anda, serta keadaan keluarga anda. Bila dalam waktu 5 tahun anda bisa mengangsur sebuah pinjaman KTA sebesar 300 juta, maka tidak masalah.

5. Biaya-biaya lain

Dalam sebuah pinjaman, biasanya ada komponen biaya lain yang diadakan oleh bank. Karena terlihat sepele, nasabah seringkali bersikap abai terhadap komponen biaya-biaya ini. Oleh karenanya, anda harus mencari tahu biaya apa saja yang berpotensi dibebankan bank kepada anda, seperti: biaya dimuka, biaya provisi, biaya meterai, denda, biaya penalti bila melunasi sebelum batas waktu ataupun biaya asuransi.

Memang tidak begitu besar, tapi bagaimana bila anda dikenakan semua biaya di atas? Tentu akan jadi besar juga jumlahnya.

Demikianlah tips cerdas dalam memilih KTA. Jika anda ingin mendaftar KTA, pastikan anda memiliki kartu kredit terlebih dahulu, info cara pengajuan kartu kredit, klik di sini


Komentar untuk Tips Cerdas dalam Memilih KTA

Related Article
Saat ini, belanja online sangat digemari oleh seti...