Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Bebas dari Utang


Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Bebas dari Utang Rating : 0/5 (0)

Bagi pengguna kartu kredit mungkin sudah paham bila fungsi dari kartu kredit adalah sebagai pengganti uang tunai yang memudahkan setiap transaksi pembayaran. Sayangnya, karena terlena akan dengan kemudahan, tidak sedikit dari pengguna kartu kredit menerima tagihan yang membengkak, tidak mampu dibayar dengan penuh, dan nominal bunga menjadi teman setiap tagihan yang datang. Jika sudah terjebak seperti itu, sebenarnya jalan satu-satunya adalah Anda wajib memiliki strategi jitu untuk menyelesaikan utang kartu kredit yang tepat. Sebenarnya ada cara bagaimana Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan tepat, dan yang terpenting bebas dari utang yang menumpuk tentunya. Apa itu, berikut ulasan dan Tips yang wajib Anda lakukan?

1. Selalu Ingat Limit Kartu Kredit

Berapa total limit kartu kredit yang Anda miliki saat ini? Karena hal yang akan selalu Anda ingat adalah, saat menggunakan kartu kredit, sama saja Anda seperti dipinjamkan sejumlah uang. Dan, limit yang Anda miliki adalah total jumlah hutang yang harus dibayar ketika Anda menggunakannya.

2. Selalu Bayar Penuh dan Tepat Waktu

Pembayaran tagihan yang baru masuk melewati tanggal yang ditentukan juga bisa mengakibatkan Anda dikenakan bunga yang cukup besar. Bukan sekadar membayar dan melunasi tiap tagihan, tapi pastikan bila kegiatan itu tidak lewat dari tanggal jatuh tempo tagihan Anda. Mengapa? Karena bila tidak ingin terkena biaya keterlambatan yang akan dikenakan pada tagihan selanjutnya, maka Anda pun wajib melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo atau batas akhir waktu pembayaran. Anda pun mesti mengetahui berbagai biaya yang ada di kartu kredit. Jadi, sebagai antisipasi, ada baiknya Anda membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo, bisa sekitar 5 hingga 7 hari sebelum tanggal yang telah ditentukan pihak bank. Sudah tidak bisa ditawar lagi setiap tagihan kartu kredit yang datang wajib dibayarkan hingga lunas. Meskipun tagihan itu hanyalah cicilan kecil atau sekadar biaya materai.

3. Kartu Kredit Bukan Uang Tambahan

Apakah limit kartu kredit yang Anda miliki wajib dibelanjakan taip bulan dan dihabiskan? Tentu saja hal ini langkah yang salah. Tapi jika bagi Anda yang masih menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan, jawabannya mungkin akan sebaliknya. Selain itu, ada pula beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kartu kredit. Sebab kartu kredit berbeda dengan kartu debit (atm), kartu kredit bersifat pinjaman bukanlah uang tambahan. Jadi ketika melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit maka Anda harus mencicil pinjaman yang telah Anda gunakan.

4. Manfaatkan Keuntungan Promo

Demi memanjakan konsumen, hampir setiap bulan banyak penawaran promo dari berbagai kartu kredit yang ditawarkan, baik oleh penyedia kartu kredit atau pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan pihak terkait. Mulai dari potongan harga (diskon), poin reward, cash back, bahkan cicilan berbunga 0%. Bila Anda bisa lebih memaksimalkan berbagai penawaran tersebut, maka berbagai keuntungan pun bisa didapatkan. Bahkan, keuntungan kartu kredit tersebut bisa membuat Anda lebih berhemat. Khususnya untuk program promo potongan harga.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Bebas dari Utang

Artikel Terkait