Tips Efektif dalam Mengelola THR

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya Tunjangan Hari Raya atau biasa disingkat THR. THR merupakan bonus yang nominalnya sebesar satu bulan gaji, lumayan juga bukan?. Oleh karena jumlahnya yang lumayan menggiurkan, tak heran bila THR sangat ditunggu-tunggu oleh para karyawan dan pegawai di Indonesia.

Meskipun jumlahnya lumayan besar, penting bagi penerima THR untuk mengetahui apa itu THR serta tips supaya efektif dalam mengelola THR. Ini supaya uang THR tidak lantas ludes begitu saja ketika bulan Ramadhan, lebaran, hingga pasca lebaran. Berikut adalah tips efektif dalam mengelola THR:

1. Tidak Gila Belanja

Ketika menerima THR, kecenderungan untuk berbelanja banyak meningkat. Semula mungkin keinginan untuk membeli barang-barang bisa tertahan karena kesadaran akan terbatasnya finansial, tetapi ketika tahu bahwa nanti tanggal sekian akan menerima THR, orang cenderung sudah berangan-angan untuk membeli berbagai macam hal dengan uang THR nanti.

Ini kurang bijaksana, karena bisa mendorong aktivitas hedon, dan membuang-buang uang. Sekali lagi, jika berbelanja sebaiknya secukupnya dan sebutuhnya saja. Ada baiknya, tetap alokasikan uang reguler anda untuk kebutuhan harian, dan sebalkinya uang THR anda masukkan dalam tabungan.

Berbisnis Saat Bulan Puasa? 3 Hal Ini Bisa Kamu Coba

2. Buat skala prioritas

Jika pun kebutuhan untuk membeli barang tidak terhindarkan, artinya memang barang yang butuh dibeli tersebut memang sudah mendesak dan harus dilaksanakan, maka buatlah skala prioritas. Urutkan barang yang ingin dibeli berdasarkan prioritas kebutuhannya.

Jika kebutuhan anda tak hanya barang untuk dibeli, tetap lakukan metode pengurutan skala prioritas, contohnya seperti: zakat>>membayar hutang>>cadangan uang untuk keadaan darurat>>investasi>>kebutuhan harian>>barang yang diinginkan. Jika telah menerapkan metoe skala prioritas, kesempatan anda dalam mengelola THR secara lebih efektif akan lebih besar.

a. Membayar hutang

Hutang adalah kewajiban yang harus kita selesaikan dengan cepat. Dengannya hidup terasa dikejar-kejar, sehingga berhutang terlalu lama tidaklah menenangkan. Jika sudah demikian, anda bisa menggunakan uang THR untuk membayar hutang yang sekiranya ada.

Usahakan untuk membayar hutang yang memiliki bunga paling tinggi. Utang kartu kredit merupakan contoh utang yang memiliki bunga tinggi, yakni sekitar 3% per bulannya. 

b. Cadangan untuk darurat

Kita tidak tahu apa yang bisa terjadi di masa depan, oleh karenanya cadangan dana untuk kebutuhan yang satu ini hendaknya disiapkan. Bila tiba-tiba anak atau anggota keluarga lain ada yang tiba-tiba sakit, maka ada sedikit dana untuk meringankan kebutuhan tersebut.

c. Investasi

Investasi adalah aktivitas mengembangkan modal. Artinya, menumbuhkan modal menjadi lebih banyak. Hanya saja dalam investasi, modal andabisa bertambah dan bisa berkurang, sehingga pastikan anda mengerti soal investasi yang akan anda jalani. Alokasikan beberapa persen saja dari THR anda untuk investasi.

5 Alasan Kantong Bisa Jebol di Bulan Puasa

d. Kebutuhan harian

Seharusnya, kebutuhan harian terpenuhi dengan gaji reguler. Namun, bila ternyata anda harus menggunakan THR untuk kebutuhan harian, maka anda mungkin berada dalam pola keuangan yang tidak sehat. Segera temukan masalahnya dan perbaikilah.

e. Barang yang diinginkan

Barang yang anda inginkan untuk lebaran nanti seperti baju baru, sepatu, tas, adalah kebutuhan dengan prioritas terakhir. 

Sudahkah anda berlaku hemat hari ini? Semoga tips mengelola THR ini bisa membuat keuangan anda lebih baik lagi ketika Ramadhan maupun ketika Lebaran Idul Fitri nanti.

 


Komentar untuk Tips Efektif dalam Mengelola THR

Related Article
Beberapa hari yang lalu, di media massa ramai dibe...
Jika anda pernah mencoba mengajukan aplikasi kartu...
Dari tahun ke tahun, biaya kuliah semakin naik. Pa...