Tips Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga


Tips Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga Rating : 0/5 (0)

Kartu kredit adalah kartu yang memiliki dampak positif dan negatif. Ia menjadi positif atas manfaatnya, tapi ia menjadi negatif karena bunganya yang dinilai bisa menceki leher. Mau tidak mau, bunga kartu kredit memang termasuk tinggi. Maklum saja, kartu kredit adalah jenis pinjaman tanpa jaminan.

Untuk itu, berikut ini pilihkartu merangkum tips untuk gunakan kartu kredit bebas bunga, yaitu:

1. Jangan membayar tagihan dengan minimum payment

Tahukah anda kalau sebagai pemegang kartu kredit, anda diberikan keringanan untuk bisa membayar tagihan dengan metode minimum payment.

Minimum payment adalah metode pembayaran tagihan minimum, biasanya sekitar 10% dari total tagihan atau minimal Rp50.000.

Jadi, misalkan anda punya tagihan kartu kredit bulan Januari sebesar 500.000, kebetulan bulan itu anda tidak punya cukup uang, anda bisa membayar sepuluh persennya dulu ketika tagihan datang. Ini terkesan meringankan tapi akan ada konsekuensi untuk ini, yakni dikenainya bunga sebesar 2,95% ketika tagihan berikutnya datang.

Bunga 2,95% ini dihitung berdasar total tagihan anda yang 500.000, bukan sisa tagihan yang 450.000.

2. Lunas dalam membayar tagihan

Ini hampir mirip dengan metode minimum payment, tapi bedanya nominal yang anda bayarkan bisa lebih banyak, hanya tetap saja, tidak lunas sesuai dengan nominal yang ditagihkan pada billing statement pada bulan tersebut.

Misalnya, Jono punya tagihan sebesar 1.000.000 pada bulan Januari, ketiga tagihan datang, ia membayar 950.000, masih kurang 50.000. Di bulan berikutnya, Jono ditagih sebesar 50.000 + (2,95% x 1.000.000) = 50.000 + 29500 =79500

Untuk itu, sebaiknya jika ingin tagihan kartu kredit bebas bunga, maka pastikan untuk selalu membayar tagihan secara lunas setiap bulannya.

3. Tidak membeli barang dengan sistem cicilan reguler

Setiap kartu kredit biasanya diberi fasilitas cicilan rutin setiap bulan. Misalnya kartu kredit BNI dengan fitur cicilan bernama BNI Installment, yakni diperbolehkannya pemegang kartu kredit untuk mengubah transaksi minimum Rp500.000 yang ia lakukan menjadi cicilan rutin dengan tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan atau bahkan 24 bulan.

Namun, cicilan seperti ini dikenakan bunga. Contohnya saja BNI Installment, biasanya transaksi minimum 500ribu bisa diubah ke cicilan dengan tenor 3 bulan, bunga yang dikenakan adalah 1,9% per bulan dikalikan nominal transaksi.

Untuk itu, selalu manfaatkan promo-promo kartu kredit yang ada. Biasanya banyak merchant bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit untuk memberikan promo cicilan 0%, artinya tidak akan dikenakan bunga sama sekali.

4. Jangan melakukan Tarik Tunai

Jenis transaksi di kartu kredit dibedakan dalam dua bagian besar, yakni transaksi ritel (pembelanjaan) dan transaksi tarik tunai. Transaksi ritel (pembelanjaan) adalah semua transaksi pembelanjaan seperti dining, travel, cicilan, dan sebagainya. Sementara itu, transaksi tarik tunai adalah transaksi yang anda lakukan dengan menarik dana secara tunai di ATM menggunakan kartu kredit.

Biasanya bunga tarik tunai dan bunga ritel besarnya sama, tapi ada juga bank yang memberlakukan bunga ritel lebih rendah dari bunga tarik tunai.

Bunga tarik tunai besarnya sekitar 2,95%, hampir sama dengan bunga ritel. Masalahnya, pada transaksi tarik tunai, selain ada bunga tarik tunai tersendiri, dia juga ada biaya tarik tunai yang besarnya sekitar 4%.

Misal, Jono melakukan tarik tunai sebesar 1.000.000 di ATM dengan kartu kredit. Maka ia akan dikenakan tagihan sebesar 1.040.000, 40 ribu merupakan biaya tarik tunai. Ketika tagihan datang, dan Jono tidak mampu melunasi tagihan tersebut, ia akan dikenakan juga bunga tarik tunai 2,95%.

5. Jangan sampai terlambat membayar tagihan

Terlambat membayar tagihan sebetulnya tidak dikenakan bunga, lebih tepatnya disebut dengan dengan keterlambatan. Besarnya biasanya mencapai 3%. Ini terjadi apabila pembayaran tagihan kartu kredit melewati batas jatuh tempo. Nah, jadi hati-hati ya soal terlambat membayar tagihan kartu kredit.

Nah, jadi kini anda sebetulnya bisa menghindari bunga-bunga ataupun biaya-biaya yang ada pada kartu kredit. Dengan begini anda bisa lebih nyaman dalam menggunakan kartu kredit bukan?

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga

Artikel Terkait