Tips Jitu Menabung 1 Juta dengan Gaji 3 Juta


Tips Jitu Menabung 1 Juta dengan Gaji 3 Juta Rating : 0/5 (0)

Dewasa ini, rata-rata gaji seorang karyawan di level staf adalah sebesar 3 juta rupiah. Dengan gaji sebesar itu, bisakah menabung per bulannya? Sementara harga sewa kos, harga makanan semakin naik tiap tahunnya.

Bila mau bersabar, dan dengan motivasi yang kuat, bukan mustahil menabung per bulan sebesar 1 juta meski gaji 3 juta. Kuncinya adalah sabar dan konsisten. Untuk mendukung, temukan motivasi yang bisa mendorong kamu mau menabung, misal rencana menikah, ingin beli rumah, beli mobil, memberangkatkan umroh orang tua, dsb. Apapun itu asal menimbulkan motivasi yang positif.

Selain itu, coba terapkan beberapa langkah-langkah jitu untuk menabung di bawah ini:

1. Gajian, langsung tabung

Berapa tanggal gajian kamu? Maka jangan tunggu sampai ada sisa di akhir bulan baru ditabung. Itu adalah konsep yang kurang tepat. Belum tentu di akhir bulan nanti ada sisa uang gajian untuk ditabung, admin sih ragu.

Jadi, buatlah rekening tabungan satu lagi, selain rekening untuk terima gaji kamu per bulannya. Usahakan rekening ini khusus rekenin tabungan saja, jangan dicampur-campur. Nah, setiap bulan setelah terima gaji, ambillah 1 juta rupiah dari rekening payroll kamu secara tunai, lalu datanglah ke teller bank rekening yang satu lagi, untuk menabung.

Kenapa tidak transfer saja?

Bisa sih, tapi datang langsung ke teller selain bisa silaturahmi dengan teller bank (he he), keuntungan utamanya adalah supaya uang yang ditabung bisa langsung tercetak di buku tabungan. Kalau bank tempat kamu nabung termasuk bank populer yang selalu penuh antrian meski istirahan tiba, boleh deh kalau mau transfer saja, tapi jangan lupa cetak buku tabungan secara berkala ya.

2. Tahan belanja

Nah, penyakit yang harus ditahan ketika gajian tiba, adalah BELANJA. Bahkan, kadangkala sebelum hari gajian tiba, sudah browsing toko-toko online nih, kira-kira nanti abis gajian mau beli apa ya.

Hmm, yang seperti ini yang perlu ditahan habis-habisan. Admin tidak memungkiri memang keinginan belanja itu sulit ditahan, apalagi kalau memang punya penghasilan sendiri dan masih single, belum ada tanggungan apapun, orang tua masih mampu mencari uang sendiri, duh sulit deh mau nahan untuk tidak belanja.

Tapi, demi masa depan kamu sendiri, mulai sekarang biasakan untuk membeli yang memang sedang dibutuhkan saja ya. Kamu tidak terlalu butuh pakaian model terbaru dari rumah mode tertentu, atau sepatu yang lagi tren sekarang padahal sepatumu sudah numpuk dan tidak terpakai, atau beli lipstik warna terbaru padahal yang lama masih banyak, atau tas baru padahal tas koleksimu sudah menuh-menuhin tempat penyimpanan. STOP!

3. Masak sendiri lebih irit

Nah, percaya atau tidak, kebutuhan bulanan yang paling besar dan tak kalah menguras anggaran adalah kebutuhan makan sehari-hari. Apalagi kalau kamu mengandalkan jajan di luar, bisa bengkak. Padahal sejatinya anggaran untuk makan bisa dipangkas loh, yaitu dengan memasak makanan kamu sendiri.

Belilah kompor gas beserta gasnya, dan mulailah memasak. Selain jadi pintar memasak, lebih sehat dan terjamin tentunya karena kamu sendiri yang menjaga kebersihan makananmu. Selain itu, kamu bisa mengirit.

4. Sisihkan untuk kebutuhan rutin

Kalau kamu merantau, artinya kamu butuh anggaran untuk sewa kos. Pilih kos yang tidak terlalu mahal. Kos dengan kamar mandi dalam memang nyaman tapi lebih mahal. Kalau mau, sewa kos dengan kamar mandi luar, selain lebih murah kamu juga bisa mengobrol dengan teman kos lain ketika papasan di kamar mandi atau sedang mencuci.

Anggarkan sisa gajimu yang dua juta untuk biaya kos, pilih kos dengan tarif sewa 400-500 per bulan. Sisanya untuk makan, pulsa, dan transportasi.

Bagaimana? Siap mencoba tips di atas? Jangan lupa juga untuk selalu mencatat pengeluaran kamu setiap bulannya. Bila tidak ingin lupa, selalu catat pengeluaran setiap kali kamu mengeluarkan uang.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Jitu Menabung 1 Juta dengan Gaji 3 Juta

Artikel Terkait