Tips Menghemat Gaji Bulanan di Tanggal Tua

Kali ini, pilihkartu akan mengulas tips menghemat gaji bulanan di tanggal tua. Siapapun pasti sering mengalami apa yang disebut dengan sindrom tanggal tua, yaitu sindrom dimana seseorang mulai mengalami krisis kanker alias kantong kering.

Sindrom tanggal tua ini tak pandang bulu, ia menyerang siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga mereka yang dipandang sudah mapan, para karyawan kantoran. Gaji bulanan yang terasa hanya mampu bertahan dua minggu saja, setelahnya harus hemat mati-matian.

Di bawah ini adalah beberapa tips menghemat uang di tanggal tua. Menghemat uang untuk bertahan hidup, sangat dianjurkan. Yuk, simak tips-tips berikut:

1. Makan sederhana

Saat awal bulan terima gaji, rasanya pasti senang bukan? Ketika cek saldo di rekening yang sudah mulai sehat lagi, sudah terbayang di kepala berbagai macam menu yang sudah diidam-idamkan sejak lama.

Sebut saja yang paling mahal kepiting resto X, Sushi resto Y, atau rending Café A, rasanya komplit pengen dicoba semua satu per satu. Ya kan? Hayo ngaku saja, hehe.

Tapi kalau semua menu serba mahal tadi dituruti, jelas si rekening yang baru saja pulih kesehatannya akan kembali ‘batuk-batuk’. Nah loh, lebih baik ditahan aja semua. Tanamkan pada diri bahwa makan itu yang penting kenyang, jadi makan nasi, sayur, tempe juga tidak masalah kan? Kalau mau makan kepiting bisa tuh sebulan sekali, atau kalau mau carilah promo-promo dining dari kartu kredit yang bisa menghemat makan mahalmu yang selama sebulan sekali itu.

2. Tahan beli-beli dan shopping

Inilah yang sering jadi godaan terbesar ketika gajian tiba, rasa ingin belanja sana sini yang tak tertahankan. Sebelum waktu kantor selesai, sudah terbayang nanti saat pulang ingin mampir ke butik A karena sedang ada diskon dress favorit.

Atau mungkin sejak sebelum gajian, anda sudah sering cari-cari suatu benda secara online di internet, dan kemudian memutuskan menunggu waktu gajian untuk membeli barang tersebut. Eits, ati-ati jebakan ya!

Pikirkan kembali dengan bijak untuk masalah beli-membeli dan berbelanja. Cobalah untuk berbelanja hanya barang yang rutin anda butuhkan tiap bulannya, seperti sabun, shampoo, atau pasta gigi. Niscaya akan lebih hemat.

Bayangkan jika anda hanya menuruti keinginan sesaat, lalu anda menghabiskan gaji anda untuk membeli kosmetik-kosmetik dengan lengkap, padahal kegiatan sehari-hari anda jauh dari kosmetik lengkap. Kecuali anda artis yang butuh tampil perfect setiap saat, pikir-pikir lagi deh untuk beli set kosmetik dengan lengkap.

Belanja 5 Kebutuhan Ini Bisa Lebih Irit dengan Kartu Kredit

Tapi, kalau memang ada kosmetik yang anda perlu sekali, coba manfaatkan promo-promo yang ada untuk membelinya.

3. Pangkas biaya transportasi

Ini dia salah satu jenis pengeluaran yang tidak dapat dihindarkan. Di minggu-minggu terakhir tiap bulannya, anda dapat mencoba untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada.

Semisal tempat kerja hanya berjarak beberapa kilometer dari kantor, cobalah untuk naik sepeda. Kalau lebih dekat lagi, jalan kaki pasti juga sampai bukan? Selain sehat untuk tubuh anda, lumayan sehat untuk kantong anda juga.

Kalau ternyata jarak dari kediaman anda dengan kantor cukup jauh, coba untuk manfaatkan teman anda, atau tetangga anda agar bersedia mengangkut anda sampai kantor. Selain menghemat pengeluaran, trik ini juga bisa mempererat persaudaraan.

7 Kartu Kredit dengan Promo Cashback Terbaik

4. Bawa uang tunai secukupnya

Trik ini lumayan ampuh. Hanya membawa uang tunai secukupnya bisa lumayan menahan pergerakan aliran uang yang anda punya.

Seringkali ketika melihat di dompet tidak ada uang banyak, anda dengan sendirinya akan memilih hal-hal yang tidak terlalu banyak memakan uang. Semisal ingin makan pizza, karena uang di dompet cuma pas-pasan akhirnya hanya mampir ke warung bakso, dan begitu seterusnya.

Lumayan menghemat kan?

Transaksi non tunai seperti kartu kredit, bukannya lebih banyak mendorong perilaku konsumtif?

Bisa jadi demikian, kalau si pemegang kartu tidak waspada dan berhati-hati, transaksi jutaan rupiah dengan kartu kredit bisa melayang. Tapi, kalau kartu kredit dimanfaatkan dengan baik, bisa menghemat juga lho.

Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

5. Cari penghasilan tambahan

Ketika masa kuliah, mahalnya biaya yang harus ditanggung mahasiswa dan orang tuanya membuat para mahasiswa ini harus memutar otak agar bisa bertahan hidup, sekaligus memenui kebutuhan akademik mereka.

Jalan yang sering ditemput adalah dengan mencari pekerjaan paruh waktu atau  penghasilan tambahan.

Ada banyak celah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Baca artikel di bawah ini untuk melihat bagaimana cara untuk mencari penghasilan tambahan.

Wirausaha Tanpa Batas, 7 Bisnis ini Bisa Anda Mulai dengan Kartu Kredit

Itu dia 5 tips untuk hemat gaji bulanan anda di tanggal tua. Lebih baik menghemat supaya tangal tua tak begitu merana bukan?


Komentar untuk Tips Menghemat Gaji Bulanan di Tanggal Tua

Related Article
Ada banyak faktor bagi bank untuk menentukan limit...
Tak terasa lebaran kian mendekat dan pastinya kebu...