Tips Menghindari Pembayaran Kartu Kredit Macet

Masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang beralih dari pembayaran menggunakan pembayaran cash menjadi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, urusan transaksi keuangan dirasa akan semakin terbantu.

Lalu bagaimanakah agar kartu kredit dapat bermanfaat dan tidak menimbulkan masalah hutang yang bertumpuk-tumpuk di kemudian hari?

Memang pertanyaan tersebut agaknya sulit untuk dijawab. Pasalanya, kartu kredit memiliki dua sisi positif dan negatif yang kemunculannya bergantung pada perilaku manusia itu sendiri. Kartu kredit bisa menjadi sarana yang mempermudah transaksi, dan kartu kredit bisa menjadi sumber hutang baru bagi seeorang.

Ketika kartu kredit hanya menjadi sumber hutang, barulah seseorang merasa dirugikan. Hutang akibat kartu kredit yang menumpuk-numpuk, hingga nasabah tidak mampu membayar tagihan, dan akhirnya pembayaran kartu kredit menjadi macet.

Untuk nasabah yang sedang mengalami pembayaran kartu kredit macet, berikut ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari kartu kredit yang macet:

1. Perhatikan limit pemakaian CC anda pertahun.

Setelah anda memiliki kartu kredit anda diharuskan untuk mengetahui limit kartu anda. Misalkan limit kartu anda Rp 30.000.000,- per tahun, maka anda dapat memperkirakan untuk menggunakan 50%-60% saja dalam satu tahun, atau sekitar Rp 17.000.000,- saja yang anda gunakan, agar pengeluaran tidak menjadi overlimit.

2. Personal Manajemen

Setelah anda mengetahui limit anda, usahakan anda memiliki rencana untuk pembelanjaan apa saja yang nanti akan anda gunakan. Jika penghitungan dalam satu tahun, anda boleh merencanakan pembelanjaan anda setiap bulan, anda harus dapat mengelola pengeluaran anda sendiri dengan baik.

3. Perhatikan tanggal jatuh tempo

Anda perlu mengingat dan menandai tanggal jatuh tempo CC anda, usahakan anda jangan membayar lebih dari 1 hari setelah tagihan, karena anda akan dikenakan bunga, yang akan terus bertambah jika tidak segera anda bayarkan. Ini akan dapat mengakibatkan macetnya tagihan anda jika terlalu banyak menumpuk bunga.

4. Belanja dengan memperhitungkan pendapatan perbulan

Usahakan anda mengetahui perkiraan limit belanja anda perbulan, jangan sampai anda belanja melebihi limit dan melebihi pendapatan per bulan anda, karena tagihan bulan kedepannya akan menjadi lebih banyak dari pendapatan anda. Itu akan menyebabkan anda berhutang dengan kartu kredit.

5. Manfaatkan promo dan cicilan 0%

Jika anda memang ingin berbelanja, manfaatkan fasilitas promo dan cicilan 0% yang ditawarkan oleh kartu kredit, sehingga anda akan terbantu mengurangi nilai jumlah perbelanjaan anda.

 


Komentar untuk Tips Menghindari Pembayaran Kartu Kredit Macet

Related Article
Beberapa hari yang lalu, di media massa ramai dibe...
Era sekarang ini adalah era digital. Semua aktivit...
Salah satu tradisi menjelang lebaran adalah bertuk...