Tips Mudik Aman untuk yang Menggunakan Kendaraan Pribadi


Tips Mudik Aman untuk yang Menggunakan Kendaraan Pribadi Rating : 0/5 (0)

Mudik sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. Jutaan orang di Indonesia selalu menyempatkan diri untuk beberapa hari pulang ke kampung demi menikmati lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Tak heran bila momen mudik selalu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Indonesia.

Ini bukan hanya karena arus kendaraan saat mudik yang membludak, tapi karena mudik sudah merupakan tradisi yang pasti dilakukan tiap tahunnya. Lalu lintas kendaraan yang membludak membuat pemerintah harus bekerja keras agar pemudik dapat sampai dengan aman dan selamat hingga kampung halamannya.

Baca juga: Hemat Belanja Ramadhan Kamu dengan 4 Kartu Kredit Ini!

Bukan hanya sekali dua kali kasus kecelakaan saat mudik terjadi, kemacetan dimana-mana hingga menimbulkan kelelahan luar biasa dan akhirnya merenggut nyawa bahkan sempat terjadi saat mudik tahun lalu. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips mudik aman berikut ini bila anda adalah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

1. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum berangkat mudik, entah anda menggunakan motor ataupun mobil pastikan untuk memeriksa kondisi fisik kendaraan terlebih dahulu. Periksalah apakah aki masih baik, klakson berfungsi atau tidak, busi masih bagus atau tidak, ban sudah tipis atau masih oke, oli, rem kendaraan. Pokoknya semua harus dalam keadaan prima.

Berkendara dengan kendaraan yang kondisinya prima akan membuat anda merasa aman dan nyaman juga. Maka dari itu, jauh-jauh hari pastikan telah memeriksa kondisi fisik kendaraan. Servislah kendaraan anda secara berkala supaya termonitor kondisinya.

2. Siapkan surat-surat kendaraan

Surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM adalah benda wajib yang harus anda bawa. Anda akan bepergian ke luar kota sehingga sebaiknya tidak mencari masalah dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

Pastikan SIM anda belum kadaluarsa masa berlakunya, begitu juga dengan STNK.

3. Mengikuti rambu-rambu dan peraturan selama mudik

Selama mudik, arus lalu lintas yang membludak membuat kepolisian bekerja keras untuk mengatur rambu-rambu supaya arus tetap bisa lancar. Maka dari itu, patuhi selalu rambu-rambu lalu lintas maupun himbauan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan jajarannya demi keselamatan dan kelancaran berkendara.

4. Bawa logistik seperlunya

Mudik tentu terasa kurang bila tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Belum lagi, membawa perlengkapan selama liburan nanti di kampung halaman. Akan tetapi, membawa logistik yang terlalu banyak hanya akan menambah beban dan bisa memberatkan selama di perjalanan.

Apalagi anda yang mudik menggunakan sepeda motor, tentu barang yang anda bawa lebih terbatas lagi. Bahkan mungkin hanya beberapa lembar pakaian pribadi dan sedikit oleh-oleh. Mudik dengan motor harus mengutamakan kenyamanan dan keamanan pengendara, jangan sampai beban logistik malah mengganggu kenyamanan dan keamanan.

5. Bawa P3K

Obat-obatan yang masuk dalam kategori P3K (pertolongan pertama) tidak boleh anda lupakan. Bawalah obat-obatan ringan seperti obat merah, obat tetes mata, perban, obatan-obatan, minyak angin, obat masuk angin.

6. Monitor bahan bakar

Ingatkah anda akan mudik tahun lalu, dimana terjadi kemacetan panjang selama berhari-hari dan banyak kendaraan yang kehabisan bahan bakar di tengah-tengah panjangnya jalan tol? Tentu belajar dari pengalaman tersebut, sebaiknya anda selalu memonitor bahan bakar.

Jika ada kesempatan untuk mengisi bahan bakar, sebaiknya diisi sampai full jangan sampai kendaraan kosong.

7. Periksa fisik

Fisik adalah hal paling utama, karena anda akan menghadapi panjangnya rute dengan lama perjalanan yang lebih panjang dari biasanya karena macet. Tahun lalu, diberitakan banyak yang meninggal karena kelelahan maupun kepanasan karena berada di jalan selama berhari-hari tanpa kendaraan mampu bergerak.

Baca juga: Terapkan Tips Ini Supaya THR Tak Lekas Ludes

Maka dari itu siapkan fisik supaya tetap sehat dan kuat selama perjalanan, bawa makanan dan minuman yang lebih untuk mengantisipasi macet. Ini berlaku tidak hanya pengemudi tapi juga untuk penumpang biasa.

Jadi, sudah siap mudik? Jangan lupa untuk terus berdoa selama perjalanan, dan jaga kondisi fisik. Bila lelah sebaiknya beristirahat di rest area maupun di posko-posko mudik yang telah disediakan di sepanjang jalan.

 

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Mudik Aman untuk yang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Artikel Terkait