Tips Supaya Kantong Tidak Bolong Selepas Mudik Lebaran


Tips Supaya Kantong Tidak Bolong Selepas Mudik Lebaran Rating : 0/5 (0)

Tradisi mudik yang tiap tahun dilakukan, hampir pasti menguras uang. Entah itu uang THR maupun uang gaji. Memang sih, saat Lebaran uang bisa berjumlah 2 kali lipat karea adanya tambahan uang THR yang besarnya 1 bulan gaji. Tapi mengapa masih banyak yang mengalami kantong bolong selepas mudik lebaran berakhir?

Pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara yang sudah sekian lama dirindukan tentu menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan. Kesibukan di tanah rantau terkadang membuat seseorang hanya bisa mengunjungi keluarga di kampung setahun sekali saat momen mudik Lebaran. Alhasil, tak masalah keluar budget jutaan demi bisa membeli tiket pulang ke kampung.

Semua keletihan dan kelelahan saat berjuang demi bisa pulang, entah itu antri tiket yang panjang, berdesak-desakan di kereta, atau bahkan terjebak macet panjang di jalan tol, bisa sirna seketika kala bertemu dengan keluarga.

Pun ketika berkumpul dengan keluarga di kampung, anda masih membutuhkan biaya yang bermacam-macam dan tidak sedikit, entah itu buka bersama keluarga, reuni kecil dengan teman-teman lama di kampung, mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, atau bahkan wisata kuliner di restoran. Banyak sekali ternyata dan tidak sedikit biaya yang dibutuhkan untuk itu semua. Alhasil yang sering terjadi adalah kantong bolong ketika kembali ke tanah rantau.

Lalu untuk mengantisipasi supaya kantong tidak bolong selepas mudik lebaran usai, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah:

1. Rencana anggaran

Rencana anggaran merupakan hal yang sangat disarankan untuk dilakukan sebelum mudik. Buatlah rencana yang lengkap dan detil mengenai apa yang akan anda lakukan ketika pulang kampung nanti. Catatlah hal-hal seperti berapa biaya tiket PP mudik, moda transportasi apa yang akan digunakan, hingga biaya apa saja yang dibutuhkan selama di perjalanan.

Tiket mudik, terutama pesawat, akan lebih murah bila kita memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Penerbangan saat weekdays juga biasanya lebih murah daripada saat weekend. Penerbangan di jam-jam larut juga biasanya lebih murah, maka dari itu pastikan anda sudah memikirkan hal ini ya.

Perencanaan semacam ini akan membuat anda bisa memperkirakan berapa biaya yang anda butuhkan untuk mudik. Membuat detil keperluan akan bisa membuat anda menentukan mana item yang perlu dipangkas dan digantikan dengan yang lebih hemat.

2. Budget/dana

Keuntungan dari adanya rencana anggaran adalah, kita bisa menentukan berapa uang yang kita butuhkan. Jika kita sudah tahu berapa jumlah uang yang dibutuhkan, maka kita akan bisa menetapkan target pencapaian jumlah uang tersebut.

Misalkan anda sejak bulan Januari telah membuat rencana anggaran untuk mudik di bulan Juni, maka selama rentang waktu Januari hingga Juni, anda bisa menyisihkan beberapa persen uang untuk ditabung. Uang yang ditabung ini tentu bakal mudik di bulan Juni. Nah, lebih ringan bukan?

Memang, ketika mendekai Lebaran, ada pendapatan tambahan yang besar seperti THR/bonus, dan gaji. THR bisa anda jadikan sumber pemasukan tambahan untuk mudik, tapi gaji sebaiknya tidak diutak-atik. Mengapa? Karena gaji merupakan biaya hidup anda di bulan berikutnya, selepas anda mudik.

Nah, sudah siap mudik? Lebaran tinggal 2 hari lagi. Have a save mudik trip ya sobat dan ingat untuk tetap hemat!

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tips Supaya Kantong Tidak Bolong Selepas Mudik Lebaran

Artikel Terkait