Tren E-Money, Bayar Toll, Belanjaan, Sampai Isi Bensin di SPBU, Kamu Ga Pengen Juga?


Tren E-Money, Bayar Toll, Belanjaan, Sampai Isi Bensin di SPBU, Kamu Ga Pengen Juga? Rating : 0/5 (0)

E-Money merupakan singkatan dari electronic-money, jika di Indonesia-kan, E-money merupakan uang elektronik. Kalau melihat wujudnya, E-money berupa kartu elektronik yang ukurannya sebesar kartu debit/ATM/kartu kredit. Hanya saja penggunaannya sedikit berbeda.

Untuk menggunakan e-money, kita cukup menempelkan kartu elektronik tersebut pada tempat yang telah disediakan, kemudian otomatis pembayaran sudah berhasil. Uang elektronik pada dasarnya merupakan uang tunai yang dikonversi ke dalam bentuk elektronik, sehingga lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana.

Dalam penggunaannya, kita tidak memerlukan PIN ataupun tanda tangan ketika membayar di kasir menggunakan e-money. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menjaga e-money anda dengan sebaik-baiknya karena dapat digunakan oleh siapa saja tanpa perlu verifikasi lanjutan dari perbankan.

E-money bisa digunakan untuk membayar apa saja?

E-money bisa digunakan untuk membayar berbagai macam hal, seperti membayar tiket transportasi umum seperti bis dan kereta, bayar tol, atau berbelanja di toko-toko yang bekerjasama (Indomaret, Alfamart, dst). Ketika digunakan untuk membayar, nilai uang yang tersimpan dalam e-money akan otomatis berkurang.

Di Indonesia, tercatat ada 20 lembaga yang menerbitkan e-money, jadi bisa dilihat bahwa e-money semakin hari semakin meningkat penggunanya. Tidak sembarang lembaga bisa menerbitkan e-money yang berupa kartu elektronik. Perbankan yang ingin menerbitkan e-money dalam bentuk kartu harus mendapatkan izin khusus dari Bank Indonesia.

Syarat memiliki e-money?

Untuk bisa memiliki e-money, tidaklah sulit. Semua orang bisa memiliki e-money karena masyarakat tinggal membelinya, mengisinya dengan uang, kemudian menggunakannya untuk berbelanja seperti biasa.

Tidak ada syarat seperti harus memiliki rekening terlebih dahulu di sebuah bank, untuk memiliki e-money tersebut.

Berapa banyak uang yang bisa disimpan dalam sebuah kartu e-money?

Pertama ada dua jenis kartu e-money yakni kartu e-money tidak terdaftar (unregistered) dan kartu e-money terdaftar (registered). Untuk e-money tidak terdaftar, batas maksimal yang bisa disimpan dalam sebuah kartunya adalah 1 juta rupiah, sementara pemegang e-money terdaftar bisa menyimpan uang hingga maksimal 5 juta dalam kartunya.

Dimana mengisi saldo e-money?

Untuk mengisi saldo e-money atau biasa disebut top up saldo e-money bisa dilakukan di berbagai tempat yang bekerjasama. Sebagian besar ATM telah bisa digunakan untuk top up saldo e-money, mesin EDC, gerai Indomaret/Alfamart, maupun merchant-merchant yang bisa menerima transaksi e-money.

Advertisement

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Tren E-Money, Bayar Toll, Belanjaan, Sampai Isi Bensin di SPBU, Kamu Ga Pengen Juga?

Artikel Terkait