Ubah Gaya Hidup Boros dengan 5 Hal Ini

Mumpung masih minggu-minggu awal gajian, merencanakan keuangan selama sebulan ke depan akan menjadi penolong dari akhir bulan yang mengenaskan. Gaya hidup boros selama awal gajian? Lebih baik dibuang jauh-jauh.

Di bawah ini adalah cara untuk mengubah gaya hidup boros yang sudah sangat mengakar di dalam diri setiap individu. Apalagi dengan gencarnya promosi dari pihak marketing produsen, wah anda harus tahan banting menghadapi semua promosi yang ada.

1. Kenali tujuan hidup

Satu yang paling penting, anda harus tahu apa tujuan hidup anda. Semisal setahun atau dua tahun ke depan anda merencanakan untuk menikah, maka mulai sekarang anda harus memulai untuk membuang jauh keinginan ini itu yang sifatnya boros.

Gantilah keinginan memiliki barang ini itu dengan keinginan untuk menabung yang kuat. Pastikan anda selalu mengingat tujuan utama anda, misal: menikah tahun depan, membeli mobil bulan depan, atau kredit rumah.

5 Tanda Anda Mulai Butuh Kartu Kredit

2. Ubah cara pandang terhadap pendapatan diri sendiri

Karena baru senang-senangnya memiliki gaji sendiri, lantas lupa masa lalu yang pas-pasan hasil mengandalkan uang saku orang tua. Setelah memiliki gaji sendiri, merasa bebas untuk melakukan apa saja dan membeli apa saja dengan uang yang dipunyai.

Apalagi status masih single dengan nominal gaji 6 hingga 10 digit, ini menciptakan cara pandang barut terhadap seseorang. Ia akan dengan mudah berpikiran bahwa dengan gaji yang dipunyainya sekarang, masih aman-aman saja untuk membeli barang ini itu, atau melakukan ini itu.

Jika cara pandang seperti ini dipelihara terus-menerus tentu akan menjadi kebiasaan. Seseorang tersebut akan terbiasa untuk membeli barang ini itu tiap bulannya, melakukan ini itu tiap bulannya. Kebiasaan adalah sesuatu yang sulit diubah, tetapi bukan hal yang tidak mungkin.

Jadi, sebaiknya mulai ubah cara pandang terhadap pendapatan anda sendiri ya.

Cara Cerdas Memanfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit

3. Susun Anggaran Sebulan ke Depan

Inilah satu kebiasaan baik yang kadang sulit untuk dilestarikan. Namun, bila sudah terbiasa maka anda akan dengan sendirinya melakukannya setiap bulan.

Menyusun anggaran belanja memang bisa menjadi rutinitas yang membosankan. Setiap bulannya, susunlah item apa saja yang harus anda beli. Periksalah item anda yang habis dan perlu dibeli. Setelah terkumpul semua itemnya, periksa lagi mana yang sekiranya perlu, tidak perlu, atau sangat perlu.

Dengan menyusun rencana anggaran dan mengurutkannya berdasar skala prioritas, anda akan terbantu untuk membiasakan gaya hidup hemat.

4. Ciptakan Gaya Menabung Anda!

Di internet sekarang ini sedang heboh bagaimana membiasakan menabung dengan cara yang unik dan menyenangkan. Misalnya: menabung pecahan uang 20ribuan di kaleng atau stoples bening.

Nah, anda pun bisa menciptakan gaya menabung milik anda sendiri. Anda bisa saja menciptakan gaya menabung pecahan uang 10ribuan misalnya. Jadi setiap anda memiliki pecahan uang 10ribuan di dompet, anda tidak akan menggunakannya untuk transaksi dan langsung memasukkannya ke dalam celengan.

Cara ini bisa menyenangkan dan membuat anda lebih tertantang. Tertarik mencoba juga?

Belanja 5 Kebutuhan Ini Bisa Lebih Irit dengan Kartu Kredit

5. Berdagang kecil-kecilan

Meskipun anda karyawan tetap sebuah perusahaan, ada baiknya juga belajar berdagang. Aktifitas berdagang akan memunculkan rasa bangga pada diri anda sendiri, yakni kepercayaan diri bahwa anda menjual produk dan berhubungan langsung dengan pelanggan anda.

Untungnya mungkin memang tidak banyak dan tidak menentu, tapi ini adalah awal yang bagus. Di kemudian hari, siapa tahu anda tertarik untuk menjadi pedagang sungguhan dengan skala besar, dengan jumlah pelanggan yang banyak. Who knows kan?

Bayar Biaya Renovasi Rumah Sampai Biaya Nikah dengan KTA!

Sobat pilihkartu, sudahkah anda mempraktikkan 5 hal di atas untuk mengubah gaya hidup boros dan konsumtif?


Komentar untuk Ubah Gaya Hidup Boros dengan 5 Hal Ini

Related Article
Kepopuleran kartu kredit semakin meningkat dari ta...
Kartu kredit Anda bisa menjadi alat yang sangat pe...
Kartu kredit mandiri merupakan salah satu kartu kr...