VISA vs MasterCard, Pilih Mana?

Nama VISA dan MasterCard tentunya sudah familiar di telinga Anda. Bagaimana tidak, pasalnya kedua logo ini sering kita lihat tertempel di mana-mana, baik di kartu debit maupun kartu kredit, di stiker merchant, hingga di ATM pinggir jalan.

VISA dan MasterCard merupakan jaringan kartu kredit raksasa, yang berasal dari Amerika. VISA dan MasterCard memiliki lingkup bisnis yang menggurita hingga ke ratusan negara di berbagai belahan dunia.

Karena hampir sama populernya, seringkali kita tidak memerhatikan bahwa VISA dan MasterCard adalah dua jaringan kartu kredit yang berbeda, dan saling bersaing satu sama lainnya.

1. Perusahaan/Provider

VISA merupakan produk dari VISA International Services Association (VISA .INC) dengan markas utama di Foster City California. VISA.INC berdiri sejak tahun 1955, sedangkan MasterCard baru berdiri di tahun 1966 dan berlokasi di Purchase, New York.

2. Popularitas dan jangkauan

Mengenai popularitas, VISA dan MasterCard hampir sama populernya. Jika Anda pergi ke merchant-merchant baik online maupun offline, selalu tersedia pilihan MasterCard maupun VISA. Di berbagai ATM, VISA dan MasterCard hampir selalu kita temukan tertempel berdampingan.

Akan tetapi, meskipun kedua jaringan kartu kredit ini mendunia, menurut beberapa sumber yang ada, kartu kredit VISA lebih merajai kawasan Asia Pasifik, sementara MasterCard lebih banyak mendominasi negara-negara Amerika dan Eropa.

3. Tipe Kartu Kredit

Umumnya, kartu kredit yang ada saat ini, baik yang memakai jaringan VISA maupun MasterCard memiliki 3 tipe kartu kredit seperti silver, gold, dan platinum. Namun, baik VISA dan MasterCard ternyata juga menyediakan tipe kartu kredit yang menawarkan privilege lebih dari ketiga tipe standar di atas.

VISA mengeluarkan jenis kartu kredit yang dinamai VISA Signature yang dikenal eksklusif. Kartu ini khusus untuk mereka yang berprofesi sebagai pengusaha atau profesional ternama. Keuntungannya, tentu saja limit minimum awal kartu kredit yang fantastis, mulai dari 100 juta rupiah sampai tak terhingga. Fasilitas? Jangan ditanya, karena sudah pasti sangat eksklusif mulai dari airport lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, special travel, dsb.

 

Baca juga: Sekilas Tentang Memilih Kartu Kredit Reward

 

Selain VISA signature, ada pula VISA Infinite yang sama sulitnya dimiliki oleh orang biasa. Paling tidak Anda harus memiliki aset di atas 100 ribu USD (1 milyar rupiah) dalam bentuk tunai. Pemilik kartu ini minimal terdaftar sebagai nasabah premium dengan aset berupa rekening, deposito atau investasi dari bank penerbit kartu. Limit kartu kredit mulai dari 50 juta rupiah hingga tak terbatas, semakin besar aset Anda, makin besar pula limit kartu kredit VISA Infinite Anda.

Fasilitas? Anda bisa menikmati asuransi perjalanan, travel assist, hingga special priority pass.

MasterCard juga tak mau kalah dengan VISA dalam menyediakan privilege khusus bagi nasabah premiumnya. MasterCard menyediakan tipe World MasterCard yang kurang lebih selevel dengan VISA Infinite. Dalam setahun minimal Anda harus menggunakan kartu kredit sebesar 75 juta. Untuk memiliki kartu ini, syaratnya kurang lebih sama dengan VISA Infinite. Akan tetapi, kartu World MasterCard dterima 2 kali lipat lebih banyak di berbagai negara. Ada pula layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas Anda.

World Elite Mastercard Adalah kartu dengan level tertinggi dari MasterCard. Privilege yang ditawarkan juga pasti dengan level high class seperti reservasi hotel kelas tinggi, airport, restoran mewah, dll.

4. Perlindungan Nasabah

VISA menawarkan sistem pengamanan berupa memasukkan pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela verified VISA. Sementara MasterCard memberikan proteksi berupa Secure Code. Secure Code adalah kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online.

5. Biaya Transaksi

Baik VISA maupun MasterCard memberlakukan biaya tambahan ketika melakukan transaksi. Untuk VISA, jika Anda bertransaksi di luar negeri, biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar 1% dari total transaksi, sedangkan MasterCard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar antara 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant-nya.

Sekarang, Anda tentu bisa membedakan bagaimana MasterCard dan VISA bukan? Nah, sobat pembaca pilihakartu.com, apa jaringan kartu kreditmu? Kartu kredit VISA atau kartu kredit MasterCard?

 

Baca juga: Sms Banking Kartu Kredit, Informasi Kartu Kredit dalam Genggaman


Komentar untuk VISA vs MasterCard, Pilih Mana?

cara membuat kartu kredit 25 September 2015

mau tanya, kalau untuk tujuan transaksi online, antara VISA dan MASTERCARD lebih aman mana?

admin 25 September 2015

Menurut kami, baik Visa dan MasterCard menawarkan sistem keamanan yang hampir sama, tinggal sekarang bagaimana pemegang kartu menggunakan kartunya dalam berbelanja online. Faktor keamanan dalam berbelanja online tidak hanya dari segi jaringan kartu kredit yang dipakai, tapi juga dari banyak sisi, seperti toko online yang dipilih, jaringan internet, dsb. Jadi, Visa atau MasterCard yang manapun baik :). Semoga membantu.

Related Article
Era sekarang ini adalah era digital. Semua aktivit...
Internet kini bukan hanya digunakan untuk mencari ...
Mengapa anda menggunakan kartu kredit? Jawabannya ...