Yuk Belajar Cara Menghitung Cicilan KTA

Sobat sedang membutuhkan banyak uang? Dan karenanya sobat membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar tapi ternyata tidak memiliki cukup harta untuk dijadikan jaminan pinjaman? Jika demikian maka sobat bisa mencoba KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Syaratnya tidak terlalu sulit, hanya bermodalkan kartu kredit sobat bisa mengajukan pinjaman KTA.

Supaya lebih meyakinkan mengapa sebaiknya memilih KTA, maka sobat harus tahu kelebihan dan kekurangan KTA. Selain itu, oleh karena ada banyak bank di Indonesia yang memiliki produk KTA, maka anda harus cerdas dalam memilih KTA, supaya tidak terperangkap dalam produk KTA yang merugikan nasabah.

Jika anda sudah paham dua hal di atas, maka saatnya memakai kartu kredit untuk mengajukan pinjaman KTA. Untuk ini ada beberapa poin penting yaitu jenis kartu kredit yang digunakan untuk mengajukan serta lama kepemilikian kartu kredit. Khusus untuk kartu kredit yang bisa digunakan untuk pengajuan KTA, adalah kartu kredit dari bank lain, serta minimal kepemilikan telah satu tahun.

Sebelum mengajukan KTA, yuk simulasikan terlebih dahulu cara menghitung cicilan KTA, sehingga ke depannya anda dapat mengetahui beban hutang anda seberapa. Ini berguna untuk memutuskan langkah apa yang perlu diambil untuk masalah keuangan keluarga anda, terutama masalah hutang karena hutang adalah beban dan kewajiban seseorang untuk dilunasi.

Mari kita lihat simulasi pinjaman KTA berikut ini:

Rani mengajukan pinjaman KTA sebesar Rp 36.000.000, dan beruntungnya ia karena pinjaman tersebut dikabulkan oleh bank. Sesuai prosedur, dana yang ia ajukan cair dalam waktu 3-8 hari. Bunga yang dikenanakan untuk pinjaman sebesar Rp36.000.000 miliknya adalah sebesar 12% per tahunnya. Sementara itu, oleh karena tidak ingin terlalu lama mengangsur, Rani memilih lama angsuran 36 bulan.

Untuk pinjaman KTA Rani, berapakah cicilan pokok per bulannya?

Cicilan Pokok Per bulan = Pinjaman Pokok : tenor (masa angsuran)

                                      = Rp36.000.000 : 36 bulan

                                      = Rp1.000.000/bulan

Bunga pinjaman per bulan = pinjaman pokok x bunga : 12 bulan

                                          = Rp36.000.000 x 12% : 12 bulan

                                          = Rp360.000

Cicilan tetap per bulan = cicilan pokok + bunga pinjaman

                                    = Rp1.000.000 + Rp360.000

                                    = Rp 1.360.000

Jadi, untuk pinjaman KTA Rani sebesar Rp36.000.000, bunga 12% pertahun, serta masa angsuran 36 bulan, maka beban cicilan Rani setiap bulannya adalah sebesar Rp1.360.000.

 

 


Komentar untuk Yuk Belajar Cara Menghitung Cicilan KTA

Related Article