Yuk Cari Tahu Biaya-Biaya pada Kartu Kredit

Sebelum memiliki kartu kredit, calon pemegang kartu minimal harus sudah mengerti tentang biaya-biaya yang ada pada kartu kredit. Biaya-biaya pada kartu kredit ternyata cukup banyak sehingga jika anda tidak tahu, dikhawatirkan akan terjebak pada salah satu di bawah ini:

1. Iuran Tahunan

Biaya iuran tahunan adalah biaya yang dibayarkan setiap tahunnya. Biaya iuran tahunan ini besarnya tergantung level kartu kredit.

  • Kartu kredit classic: 100.000-125.000
  • Kartu kredit Gold: 225.000-250.000
  • Kartu kredit Platinum: 600.000- ke atas

Sebagai promosi,beberapa kartu kredit memberlakukan gratis iuran tahunan. Biasanya berupa:

  • Gratis iuran tahunan untuk tahun pertama
  • Gratis iuran tahunan untuk 2 tahun pertama
  • Gratis iuran tahunan dengan menukarkan poin reward
  • Gratis iuran tahunan dengan pemakaian kartu kredit nominal tertentu
  • Gratis iuran tahunan selamanya (khusus untuk beberapa kartu kredit saja)

2. Biaya Keterlambatan

Bila pembayaran tagihan kartu kredit melewati batas jatuh tempo, maka akan ada biaya yang dikenakan. Biaya keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit ini bermacam-macam tergantung kebijakan bank. Untuk informasi lebih lanjut, klik biaya keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit bank.

3. Bunga kartu kredit

Biasanya bila pemegang kartu kredit membayar tagihan sebagian saja atau dengan metode minimum payment, dapat dipastikan akan dikenakan bunga kartu kredit untuk tagihan berikutnya. Besar bunga maksimal yang dikenakan bank adala 2,95%.

4. Biaya Overlimit

Waspadai penggunaan limit kartu kredit anda, jangan sampai overlimit atau melebihi batas limit yang diberikan tiap bulannya. Bila overlimit, akan ada biaya yang dikenakan untuk ini. Lebih lanjut tentang ini, baca biaya overlimit kartu kredit.

5. Biaya Permintaan Salinan Lembar Tagihan

Lembar tagihan anda setiap bulannya ternyata juga ada biayanya, tapi biasanya ini berlaku untuk lembar tagihan yang dicetak dan dikirimkan ke pemegang kartu via pos. Besar biaya bermacam-macam, tergantung bank tapi masih ada di kisaran 5000-30.000 rupiah.

Kalau ingin lebih murah dan cepat, alihkan saja lembar tagihan anda agar bisa diterima melalui e-statement/e-billing statement. Dengan cara demikian, lembar tagihan kartu kredit akan dikirimkan ke e-mail.

6. Biaya kenaikan limit

Pengajuan kenaikan limit kartu kredit akan dikenakan biaya. Jika permohonan kenaikan limit anda di-approve/disetujui, siap-siap saja untuk membayar biaya administrasinya kurang lebih mulai Rp50.000.

7. Biaya Penggantian Kartu

Jika kartu kredit anda rusak atau hilang, lalu anda mengajukan penggantian kartu kredit baru, akan ada biaya administrasi kurang lebih Rp50.000-Rp100.000. Jadi, usahakan jangan sampai rusak atau hilang ya.

8. Biaya Penalti karena Pembatalan Cicilan

Suatu ketika anda memutuskan membeli barang dengan menggunakan skema cicilan, tapi di tengah jalan anda melunasi semua tagihan cicilan tersebut. Untuk ini, ada biaya penalti atas pelunasan cicilan yang anda lakukan, besarnya sekitar Rp200.000-250.000.

9. Biaya Konversi Mata Uang Asing

Ketika anda berada di luar negeri dan melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, akan ada biaya konversi ke mata uang asing yang diberlakukan. Maklum saja, kartu kredit anda adalah kartu kredit Indonesia yang mata uangnya rupiah.

Tapi, biasanya biaya konversi mata uang asing yang diberlakukan bank nilainya lebih kecil daripada bila anda menukar uang tunai di money changer.

10. Biaya Tarik Tunai

Tarik tunai yang dilakukan di ATM menggunakan kartu kredit akan memakan biaya. Besarnya tergantung bank masing-masing, tapi masih berada di kisaran 4% dari total penarikan atau minimum 50.000-60.000. Lebih lanjut, klik tentang biaya Tarik tunai.

11. Biaya Surcharge

Surcharge fee atau kadang disebut charge saja dikenakan ketika menggunakan kartu kredit untuk membayar transaksi di merchant. Tidak semua merchant memberlakukan charge memang, karena pemerintah tidak menganjurkan charge fee kepada pelanggan (pemegang kartu kredit). Info lengkap mengenai ini, baca biaya surcharge kartu kredit.

12. Biaya Cross Border Fee

Cross Border fee adalah biaya yang dibebankan ke kartu kredit ketika digunakan untuk transaksi di merchant asing. Semisal kartu kredit anda adalah kartu kredit Indonesia dan dipakai untuk beli online di merchant Singapura, biasanya ada cross border fee yang diberlakukan. Besarnya, lihat keterangan lengkap cross border fee.


Komentar untuk Yuk Cari Tahu Biaya-Biaya pada Kartu Kredit

Related Article
Meski dengan beragamnya jenis kartu kredit beserta...
Untuk Anda wanita modern, memiliki kartu kredit bi...
Setiap kartu kredit pasti memiliki kelebihan dan k...